Ulama Pemberani dan Tegas Itu Telah Tiada

Ali Mustafa Yakub


CIPUTAT -- Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Kabar duka kembali menerpa umat Islam Tanah Air. Mantan imam besar Masjid Istiqlal, KH Ali Mustafa Ya’qub meninggal dunia pagi ini, Kamis (28/4).

Pengasuh Pesantren Darussunnah, Pisangan, Ciputat, Tangerang Selatan ini wafat pada pukul 06.00, di Rumah Sakit Hermina, Ciputat.

Cendekiawan Muslim, Prof Dr Didin Hafidhuddin yang saat ini sedang berada di Tokyo, Tepang, kaget mendengar berita meninggalnya mantan Imam Besar Masjid Istiqlal, Jakarta, tersebut.

''Innaalillahi wa innaa ilaihi rajiun. Saat ini saya sedang berada di Tokyo, Jepang. Saya benar-benar kaget mendengar meninggalnya Prof KH Ali Mustafa Yakub.

''Semoga almarhum diterima iman, Islam dan amalnya, serta diampuni segala dosa dan kesalahannya,'' tulis didin kepada republika.co.id melalui short message servica.

Menurut Prof Didin, almarhum KH Ali Mustafa Yakub adalah seorang ulama yang mendalam ilmunya (mutafaqqih fiddin) sekaligus juga berani dan tegas dalam menyampaikan kebenaran ajaran Islam.

''Almarhum adalah seorang imam yang mengangkat citra masjid, terutama Masjid Istiqlal Jakarta, sebagai masjid negara,'' ungkap Direktur Program Pascasarjana Universitas Ibnu Khaldun (UIKA) Bogor ini.

Ia menjelaskan, hampir semua tamu negara selalu berusaha datang ke Masjid Istiqlal Jakarta. ''Banyak yang terkagum dan bangga dengan aktivitas Masjid Istiqlal Jakart,'' jelas kiai Didin.

Kiai Didin lebih lanjut mengungkapkan, Presiden Amerika Serikat Barack Obana dan ibu negara berkunjung ke Masjid Istiqlal Jakarta dan berdialog dengan almarhum KH Ali Mustafa Yakub sambil berkeliling sekitar masjid.

Kiai Didin menambahkan, almarhum adalah salah seorang ulama yang mengangkat harkat derajat masjid. ''Kita kehilangan besar dengan wafatnya almarhum,'' ungkap kiai Didin.

No comments

Powered by Blogger.