Jokowi: “Jangan mengeluh kalau ada tenaga kerja asing masuk ke Indonesia”


Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Indonesia tidak bisa menghindari persaingan ekonomi global seiring berlakunya perdagangan bebas di negara Asia Tenggara dan dunia.

“Karena itu saya ingin mengingatkan kita semuanya, bahwa perusahaan luar negeri yang masuk ke Indonesia tidak lagi bisa kita halangi. Jangan lagi kita mengeluh nanti kalau ada berbondong-bondong tenaga kerja asing masuk ke Indonesia, ada perusahaan-perusahaan skala ekonomi kecil (toko kelontong) membuka usaha di Indonesia,” ujar kata Jokowi pada puncak peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-69 di lapangan kantor Gubernur Jambi, Kota Jambi, Kamis (21/7).

Presiden Jokowi mencoba mengambil soal Pasar Bebas sebagai alasan pembenaran berbondong bondongnya Tenaga Kerja asing bekerja di Indonesia.

Tapi apakah, Presiden Jokowi memberikan penjelasan mengapa hanya Tenaga Kerja asal China yang berbondong bondong datang ke Indonesia.

Tenaga Kerja asal China yang mendominasi seolah ada eksodus besar besaran, dan kembali Presiden Jokowi memberikan alasan itu adalah akibat era perdagangan bebas.

Sepertinya ada upaya untuk membenarkan kedatangan ribuan tenaga kerja asal China dengan era perdagangan bebas; tapi ironinya justru terkesan mennyodorkan negara kepada asing.

Era perdagangan bebas memang sebuah hal yang tidak bisa kita hindari, namun harus ada proteksi (perlindungan) kepada sumber daya milik bangsa.

Jangan sampai dengan mengatasnamakan era perdagangan bebas, semua sektor kehidupan berbangsa dan bernegara harus pula dikuasai asing, Lagipula bukankah saat ini baru MEA atau Masyarakat ekonomi Asean bukan China.

MEA lingkup Asean bukan Asia, artinya ada aturan main diantara negara Asean sendiri terkait MEA tersebut terutama soal kedaulatan negara Asean itu sendiri, tidak ada yang menyebut soal China.

Sementara saat ini yang trejadi adalah eksodus nya ribuan Tenaga Kerja asal China ke Indonesia, atas perintah apa? dan atas Perjanjian/Mou apa? atas Agenda apa? bukankah saat ini baru lingkup ASEAN dengan MEA nya.

Jelas rakyat Indonesia Mengeluh karena Pemerintah Jokowi tidak berusaha melakukan Proteksi dengan aturan yang memperketat dan membatasi tenaga kerja asal China yang masuk untuk sebua agenda.

Ini soal bukan Thailand, Malaysia, Singapura, Vietnam, Philipina, Brunei Darussalam, Myanmar, Kamboja, dan Laos, Tapi ini soal China.

No comments

Powered by Blogger.