Aceh Kembali Diguncang Gempa

FOTO: GEMPA DI PIDIE JAYA

BANDA ACEH–Selasa (27/12/2016) daerah Meulaboh, Aceh Barat diguncang gempa sebesar 4,5 Skala Richter (SR).

Menurut catatan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa yang terjadi pukul 01:24:33 WIB itu berkekuatan 4,9 SR.  BMKG menambahkan, episenternya terletak pada koordinat 4.08 lintang utara (LU) – 95.581 barat timur (BT).

Kepala Stasiun BMKG Kota Sabang Siswanto mengatakan, gempa yang mencapai ke ibu kota Provinsi Aceh ini tak berpotensi tsunami.

“Kita mengimbau kepada masyarakat tidak resah terhadap gempa tadi dan selalu dalam keadaan waspada terhadap potensi gempa susulan,” kata Siswanto seperti dilansir Antaranews.

Lebih lanjut Kepala Stasiun BMKG Kota Sabang meminta kepada masyarakat untuk tidak mudah termakan isu “hoax” dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

“Jika terjadinya gempa dan isu yang tidak jelas sumbernya bisa menghubungi kantor BMKG terdekat,” ujar.

Siswanto juga menjelaskan, ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempabumi ini merupakan gempabumi dangkal akibat aktivitas tektonik dari subduksi.

Subduksi yang dimaksud adalah lempeng Indonesia – Australia ke bawah Lempeng Eurasia.

Dalam hal ini Lempeng Indonesia – Australia bergerak menyusup ke bawah Lempeng Eurasia dan hasil monitoring BMKG hingga pukul 02.00 WIB belum terjadi aktivitas gempabumi susulan.

Untuk itu pihakanya juga kembali mengimbua kepada masyarakat pesisir pantai barat Kota Banda Aceh dan Meulaboh agar tetap tenang dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG serta tidak terpancing isu karena gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami. []

No comments:

Komentar dari setiap Artikel adalah tanggung jawab pribadi masing-masing.

Berkomentarlah yang baik dan sopan.

Powered by Blogger.