Air Hujan Rendam Sawah Pasir Sakti 

Jabungonline.com - Hujan yang menguyur di Kabupaten Lampung Timur secara terus-menerus pada beberapa hari yang lalu, berdampak pada sektor pertanian khusunya areal persawahan.

Berdasarkan data Dinas PU Kecamatan Pasir Sakti Kabupaten Lampung Timur, diantara wilayah atau areal yang terkena dampak banjir yaitu, Desa Kedung Ringin 425 Hektar (25 ha dalam penyemaian dan 400 ha tanaman berumur 5-20 hst), Desa Sumur Kucing 850 Hektar (800 dalam penyemaian dan 50 ha tanaman berumur 5-20 hst), Desa Rejomulyo 25 Hektar tanaman berumur 10-30 hst, Desa Mekarsari 75 Hektar tanaman berumur 10-30 hst.

Menurut  Suherman, pihak Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kecamatan Pasir Sakti mengatakan, apabila hujan reda dalam jangka waktu 1 hingga 2 hari maka lahan yang terkena banjir akan surut, namun jika hujan terjadi secara terus-menerus 1 hingga 3 hari maka air akan meluas karena debit air yang keluar tidak berimbang dengan debit air yang datang, hal tersebut  mengakibatkan tanaman padi menjadi rusak dan membusuh alias gagal tanam.

Pono Rosjidi, Kades Kedung Ringin mengungkapkan syukurnya karena sampai hari ini, 23 Februari 2017 tidak turun hujan, sehingga tanaman padi ada yang masih bisa terselamatkan dan petani tidak mengalami kerugian yang semakin besar. “Seandainya turun hujan maka desa kamilah yang paling tinggi debit airnya karena desa Kedung Ringin yang paling rendah daerahnya,” pungkasnya.

No comments:

Komentar dari setiap Artikel adalah tanggung jawab pribadi masing-masing.

Berkomentarlah yang baik dan sopan.

Powered by Blogger.