Awas, "Begal" Membuatmu Terpacu Jadi Penulis!

Suasana Zetizen Writing Class. Foto: tim JO.

Jabungonline.com – Minggu, 26 Maret 2017 Zetizen mengadakan pelatihan “Kiat Sukses Menulis Novel dan Cerita Anak” di Graha Pena Radar Lampung, Bandar Lampung. Tampak peserta memadati ruangan lantai 2.5 di gedung Radar Lampung, bahkan beberapa peserta tidak dapat berangkat karena sudah tutup dan kuota terbatas. Pelatihan ini diisi oleh dua penulis muda, Yoga Pratama seorang novelis dan juga Fitri Restiana penulis buku-buku anak berskala nasional. Keduanya adalah penulis asal Lampung.


Peserta serius menyimak materi. Foto: tim JO.

Kak Yoga, begitu sapaannya, memberikan tips menulis novel. “Buatlah diksi yang tidak monoton. Tidak melulu nyastra, bahasa anak muda dipadupadankan dengan sastra, agar pembaca tidak bosan.” ujarnya di sela-sela memberikan materi. Yoga sendiri sudah menerbitkan lebih dari 3 buku, satu diantaranya yang sedang hits  berjudul “Begal Cinta”.  Judul tersebut terinspirasi salah satunya karena ia pernah menjadi korban begal. Bagi penulis apapun bisa dijadikan ide seperti Yoga Pratama ini.


Lain lagi dengan Kak Fitri Restiana, begitu beliau disapa. Fitri Restiana memiliki rumus kiat sukses menulis cerita anak simpel dan mudah diingat, namanya “BATU AKIK”, baca, tulis, aktif, dan kirim. Agar produktif menulis, seorang penulis kadangkala harus menyingkirkan dahulu media sosial agar tidak terlena dan waktunya terbuang. Fitri Restiana telah menerbitkan lebh dari sepuluh judul buku. Bukunya dapat kita jumpai di toko buku seperti Gramedia. Walau beliau sudah berumah tangga, namun tetap menghasilkan karya.  


*Betty Permana / kontributor JO.
Loading...

1 comment:

  1. Waah, terimakasih ya, Jabungonline. Semoga kita siap bersinergi membangun literasi di sai bumi ruwa jurai ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

    ReplyDelete

Komentar dari setiap Artikel adalah tanggung jawab pribadi masing-masing.

Berkomentarlah yang baik dan sopan.

loading...
Powered by Blogger.