Pengerjaan JTTS Urun Kerusakan Jalan di Lampung Selatan

Jabungonline.com - Akibat kerap dilalui kendaraan proyek JTTS bertonase besar, jalan lintas kabupaten dan provinsi di Lampung Selatan rusak parah. (Foto:Lampost/Armansyah)

KALIANDA--Dampak dari proyek pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) di sejumlah daerah di Lampung Selatan, mengakibatkan sejumlah jalan rusak. Kendaraan proyek JTTS sarat muatan membuat jalan provinsi dan kabupaten itu rusak.

Untuk menyikapi kerusakan jalan tersebut, anggota DPRD Lampung, Antoni Imam meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung agar berkoordinasi dengan pihak pelaksana pekerjaan mega proyek JTTS.
"Kami minta Pemprov secepatnya berkoordinasi dengan pelaksana proyek tol," kata dia, Jumat (17/3/2017).

Anggota Komisi III DPRD Lampung itu menjelaskan proyek pembangunan infrastruktur jalan Pemprov mulai bergulir pada April mendatang.
"Jangan sampai jalan diperbaiki menjadi rusak kembali karena mobil bermuatan besar untuk proyek tol masih berjalan," kata dia.

Salah satu contoh, kata dia, Kecamatan Sidomulyo, Lampung Selatan, anggaran perbaikan jalan provinsi sebesar Rp8 miliar tahun 2017 ini. Sementara, proyek jalan tol di kecamatan tersebut sedang berjalan.

"Kalau tetap diperbaiki, akan sia-sia, jalan rusak kembali," ujar anggota DPRD Lampung dari Fraksi PKS itu.

Termasuk juga jalan Kabupaten, yang dilalui kendaraan bermuatan besar, sudah mulai rusak. Untuk itu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan, secepatnya menindak lanjuti hal itu.

"Harus secepatnya ditindak lanjuti permasalahan ini," ujar warga Kecamatan Sidomulyo itu.

Sementara itu, Roni (48), warga Kecamatan Candipuro, mengatakan ruas jalan yang paling parah di Desa Rantauminyak. Kerusakan terjadi setelah banyaknya mobil truk tronton yang melintas.

"Jalan hotmix sepanjang sekitar 1 KM, bergelombang sangat dalam dan aspal mengelupas semua," kata dia.

Kendaraan truk tronton datang ke lokasi proyek JTTS pada waktu malam hari. Kemungkinan untuk menghindari protes dari warga sekitar.

"Mereka masuk pasti tengah malam, mungkin menghindar dari protes warga," kata dia.

Sumber: Lampost.co

No comments:

Komentar dari setiap Artikel adalah tanggung jawab pribadi masing-masing.

Berkomentarlah yang baik dan sopan.

Powered by Blogger.