Tiga Penulis Asal Lampung Ini Ikuti Pembekalan Kepenulisan oleh Kemendikbud RI

Foto by Fitri Restianan

Bekasi 2017 - Direktorat Kepercayaan Terhadap Tuhan YME dan Tradisi telah melaksanakan Pembekalan Teknis Seri Pengenalan Budaya Kepercayaan dan Tradisi di hotel Amaroossa Grande di Bekasi,  pada tanggal  6– 8 Maret 2017.

Pembekalan Teknis Seri Pengenalan Budaya Kepercayaan dan Tradisi ini merupakan acara yang tahun lalu sempat digelar di hotel Agria Bogor pada bulan Mei.

Mengundang beberapa penulis dari berbagai daerah di Sumatra seperti Aceh, Bengkulu, Bangka, Riau, Kepri, Padang, dan Lampung. Jumlah peserta terpilih sebanyak 18 orang. Mereka dibiayai gratis dari berangkat sampai pulang dengan moda pesawat nomor satu di Indonesia.

Narasumber. Foto by Fitri Restiana.


Pada kesempatan kali ini, mereka mendapatkan materi dari narasumber yang berkompeten di bidangnya, juga merupakan narasumber acara Pembekalan Teknis Seri Pengenalan Budaya Kepercayaan dan Tradisi tahun lalu. Kali ini ada tujuh narasumber yang memberikan materi terkait acara tersebut. Terdiri dari pakar buku anak, penulis senior, perwakilan penerbit, ilustrator, psikolog, dan juga antropolog. 

Narasumber. Foto by Fitri Restiana.
Beberapa pemateri seperti Dr. Sofie Dewayani, MA. Beliau adalah pakar di dunia penulisan buku anak. Dwi Retno Aryanti, S. Psi seorang psikolog, Pradika Bestari dari penerbit Gramedia yang merupakan editor buku-buku seri pengenalan budaya nanti, dan lain-lain.

Narasumber. Foto by Fitri Restiana.


Peserta merupakan penulis cerita anak yang sudah berkiprah di bidangnya. Selain Fadila Hanum penulis anak asal Lampung, yang pada acara Islamic Book Fair 2016 mendapatkan penghargaan di kategori buku terbaik, ternyata ada beberapa penulis luar biasa asal Lampung yang menjadi peserta pada acara dari Kemendikbud tersebut.

Mereka adalah Suwanda, Izzah Annisa dan Fitri Restiana. Ketiganya merupakan penulis yang intens menekuri tulisan di bidang anak-anak. Ketiganya sudah memiliki buku, bahkan di antaranya selain terbit skala nasional dan sudah menerbitkan lebih dari sepuluh buku.

Para penulis yang lulus seleksi dan diundang dalam acara tersebut nantinya masing-masing akan menulis satu buku terkait budaya di daerah masing-masing.

“Senang dan bangga karena diberi kesempatan memperkenalkan budaya Lampung lewat buku serial Pengenalan Budaya Kepercayaan dan Tradisi yang akan saya tulis nanti.” ujar Izzah Annisa penulis asal Lampung yang buku barunya akan segera terbit berjudul KOMIK Sepuluh Sahabat Dijamin Masuk Surga bersama ilustrator asal Lampung, Fajar Istiqlal.



Betty Permana (kontributor JO)
Loading...

No comments:

Komentar dari setiap Artikel adalah tanggung jawab pribadi masing-masing.

Berkomentarlah yang baik dan sopan.

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();
Powered by Blogger.