Breaking News

5 Terduga Begal Tewas Oleh Timah Panas Polisi


Ilustrasi

Jabungonline.com – Polresta Bandarlampung terus mendalami jaringan lima terduga begal yang tewas oleh timah panas polisi pada Sabtu (1/4) pukul 02.15 WIB di jembatan layang Srengsem, Panjang, Bandarlampung.

Kapolresta Bandarlampung Kombes Murbani Budi Pitono mengatakan, pihaknya terus mendalami jaringan lain yang masih berkeliaran dan mencari mangsa di kota ini.

’’Masih kami cari keterkaitannya. Yang jelas, jaringan mereka sementara ini sudah terputus,” ujarnya kemarin (2/4).

Dilanjutkan, pihaknya juga masih memburu penadah sepeda motor jaringan ini. ’’Ya, masih kami dalami. Karena mereka ini kan menjualnya ke daerah pinggiran di luar Bandarlampung yang dirasa masih aman,” kata Murbani.

Mantan Kabagbinkar Polda Jawa Barat ini menjelaskan, sistem yang digunakan oleh kelima terduga begal yaitu dengan mencari mangsa di jalanan sepi. Mereka juga mengincar wanita dan anak baru gede (ABG) yang mengendarai sepeda motor dini hari.

’’Mereka memang ramai-ramai saat hunting. Ketika bertemu korban yang dianggap lemah, mereka langsung menghentikan motornya,” jelas dia.

Setelah mendapat motor hasil rampasan, mereka langsung menyembunyikannya. Tempat itu, kata Murbani, diistilahkan sebagai save place (tempat aman). Mereka menyimpan motor tersebut dengan jangka waktu tertentu hingga kondisi aman.

Dia memaparkan, komplotan ini menjual motor dengan utuh, dan tidak menggunakan sistem menjual dengan cara mempereteli. Apakah komplotan ini pemain baru? Murbani menegaskan kelimanya sudah kawakan. Terlebih, menurut dia, sudah lebih dari lima orang yang menjadi korbannya.

Perwira dengan tiga melati di pundaknya itu meneruskan, saat ini dalam perekrutan, kawanan begal memang lebih memprioritaskan ABG. Alasannya, mental remaja lebih berani. ’’Alasan lainnya karena daya jelajah dan mobilitas mereka tinggi,” paparnya.

Pada kesempatan kemarin, Murbani sempat mengungkapkan kekesalannya terkait beredarnya foto para anggota Tekab 308 Polresta Bandarlampung yang berpose di depan jenazah kelima terduga begal yang beredar di media sosial.

Sumber: RLO

No comments

Komentar dari setiap Artikel adalah tanggung jawab pribadi masing-masing.
Berkomentarlah yang baik dan sopan.