Breaking News

Aksi Buruh Tuntut Kenaikan Gaji PT Fermentech Indonesia Lampung Timur



Suasana unjuk rasa buruh di PT Fermentech indonesia, Kamis, 13 April 2017.

Jabungonline.com - Ratusan buruh melakukan unjuk rasa terhadap PT Fermentech Indonesia di Desa Gunung Pasir Jaya Kecamatan Sekampung Udik, Lampung Timur, Kamis 13 April 2017.

Unjuk rasa buruh ini dikawal puluhan personel Polres Lampung Timur.

Koordinator Lapangam Hardianto menuntut perusahaan memberikan upah yang bermartabat, memberikan upah yang layak, meningkatkan kesejahteraan pekerja, melanjutkan perundingan kenaikan upah tahun 2017 yang telah dinyatakan gagal perundingan/deadlock, dan menolak mediasi/tripartit.

Selain itu, Serikat Pekerja Karya Mandiri Fermentech (SPKMF) menolak mediasi/tripartit dan tetap menginginkan perundingan kembali secara bipartit sesuai Permenakertrans nomor 17 tahun 2005 bahwa perundingam upah bagi pekerja dengan masa kerja satu tahun atau lebih dirundingkan secara bipartit antara pekerja atau serikat dengan perusahaan. "Kami menganggap perundingan kenaikan upah tahun ini belum maksimal," kata dia kepada Saibumi.com.

Menurutnya, perusahaan terkesan enggan melanjutkan perundingan dengan menyatakan walaupun ada perundingan lanjutan hasilnya tetap sama. "Untuk itu kami mendesak perusahaan melanjutkan perundingan dengan format dan cara perundingan yang lebih baik dari sebelumnya," jelasnya.

Sementara itu, Kapolsek Sekampungudik Iptu Abadi meminta kepada para buruh yang melakukan unjuk rasa agar tertib dan tidak melakukan anarkis. "Kami tekankan di situ supaya tidak menimbulkan hal yang tidak diinginkan. Demolah yang tertib dan tidak mengganggu transportasi dan warga lain," ungkapnya. 

No comments

Komentar dari setiap Artikel adalah tanggung jawab pribadi masing-masing.
Berkomentarlah yang baik dan sopan.