Breaking News

Pemerintah Jepang Minta Warganya Berlindung saat Diserang Roket Korut

Ilustrasi | ist

Jabungonline.com – Warga Jepang telah diberi peringatan perihal ancaman serangan rudal balistik Korea Utara (Korut). Otoritas terkait di Jepang mengatakan bahwa mereka hanya memiliki waktu sekitar 10 menit untuk mencari tempat berlindung ketika Korut menyerang negara tersebut dengan menggunakan rudal balistik.

“Warga negara Jepang hanya memiliki waktu 10 menit untuk mempersiapkan diri ketika Korut melancarkan serangan rudal balistik,” kata otoritas berwenang di Jepang seperti dilaporkan laman The Independent, Selasa, 25/4/2017.

Bila terjadi serangan, sebuah dokumen yang diunggah di situs perlindungan sipil di Jepang juga menyarankan agar mereka berlindung di sebuah bangunan beton yang kuat atau bungker bawah tanah. “Mereka harus berlindung di bawah meja atau menjauh dari jendela,” tulis dokumen tersebut.

Peringatan tersebut dipublikasikan menyusul meningkatnya ketegangan di Semenanjung Korea. Seperti diketahui Jepang telah memerintahkan kapal perangnya untuk bergabung dengan kapal induk militer Amerika Serikat (AS) di sana. Kehadiran mereka di Semenanjung Korea adalah untuk mengancam Korut agar menghentikan program rudal nuklirnya.

Pada bulan lalu, Korut telah empat kali mencoba rudal balistiknya. Tiga di antaranya jatuh di zona ekonomi eksklusif Jepang di Laut Jepang.

Jepang sendiri memprediksi bahwa rudal balistik Korut kemungkinan hanya membutuhkan waktu 10 menit untuk menempuh jarak 1.600 kilometer. Yakni dari stasiun peluncurannya ke Okinawa, Jepang. (*)

No comments

Komentar dari setiap Artikel adalah tanggung jawab pribadi masing-masing.
Berkomentarlah yang baik dan sopan.