Afi Nihaya Faradisa Melakukan Plagiat Kembali?


Jabungonline.com – Asa Firda Inayah atau yang lebih dikenal dengan nama Afi Nihaya Faradisa adalah seorang remaja perempuan yang baru saja lulus SMA 1 Gambiran. Tulisan-tulisannya di Facebook Selalu menuai pujian Netizen dan menjadi viral disebarkan ribuan kali oleh Netizen. Hal tersebut membuat nama Afi Nihaya Faradisa pun menjadi terkenal dan menjadi idola baru di Facebook.
Afi bersam Presiden dan Wakil Presiden RI
Pasca tulisan kontroversialnya yang berjudul warisan menjadi viral dan akunnya sempat tidak bisa diakses, pamor Afi terus meningkat. Afi menerima undangan dari beberapa tokoh dan televisi, seperti rektor Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang yang mengundangnya untuk berbicara di depan para profesor dan perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa se-Jawa timur pada 20 Mei 2017, berbicara di Fisipol UGM, diliput berita oleh Tempo, Kompas, dan Metro TV. Bahkan Afi menerima undngan istana untuk memperingati Hari Kelahiran Pancasila dan bertemu langsung dengan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia, Joko Widodo dan Jusuf Kalla.
Tulisan Afi yang berjudul ‘Belas Kasih Dalam Agama Kita’

Di puncak kepopulerannya, tulisan Afi tentang ‘Belas Kasih Dalam Agama Kita’ dituding sebagai bentuk plagiarisme. Tulisannya yang diunggah di akun Facebook miliknya pada tanggal 25 Mei 2017 itu dinilai mengutip tulisan Mita Handayani, yang disebut telah menulis pada 30 Juni 2016.

Antara Tulisan Afi dan Mita
Terkait tudingan tersebut, pada awalnya Afi membantah dengan tegas saat ditemui Bayu Sutiyono dari KOMPAS TV di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat, Kamis 1 Juni 2017. Saat ditanyakan terkait dugaan tersebut Afi menjawab dengan cepat dan singkat, “tidak”. “Saya tidak tahu, saya belum banyak bukan sosmed,” ucapnya. Namun, kata dia, dia sudah banyak menulis dan tulisannya banyak yang di-copy orang. “Saya memang menulis di akun-akun lama, dari tahun 2012 dan beberapa tulisan di akun Afi tulisan lama. Akun lama Afi sudah di-take down,” kata Afi.

Mita Handayani pun menuliskan status melalui akun Facebook miliknya, yang merupakan klarifikasi terkait tudingan plagiarisme yang ditujukan untuk Afi. Dalam klarifikasinya, di luar dugaan Mita membela sosok Afi dan memujinya sebagai seorang anak yang cerdas.

Tidak hanya itu, dalam tulisannya Mita Handayani pun meminta netizen untuk memaafkan Afi jika memang terbukti melakukan plagiarisme. “Aku pernah salah. Kamu pernah salah. Kita semua pernah salah. Jika usaha Afi kali ini dianggap kesalahan, aku mohon dimaafkan. Afi merasa harus berbuat sesuatu, dan jika itu salah, mohon dimaafkan,” tulis Mita Handayani.

Tulisan Afi yang berjudul ‘Warung Makan’


Pada tanggal 3 Juni, akhirnya Afi mengakui bahwa memang dia melakukan plagiasi. Pengakuan itu dituliskan olehnya melalui status dalam Facebook.

Antara Tulisan Afi dan Lembaga Perlindungan Konsumen Celebes
Namun sayangnya, tulisan Afi pada tanggal 8 Juni 2017 malam, yang berjudul ‘Warung Makan’ yang menggambarkan media sosial seperti warung makan yang menyediakan beragam menu, dan pengunjung berhak memilih menu sesuai selera tanpa pemaksaan. Namun tulisan tersebut mirip dengan tulisan yang pernah diposting oleh akun Facebook Lembaga Perlindungan Konsumen Celebes tanggal 31 Desember 2016, Yang membedakan antara tulisan Afi di akun Facebooknya dengan akun facebook Lembaga Perlindungan Konsumen adalah pemberian judul dan tidaknya. Ini link: https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=1346220958753055&id=252437164798112.

Benarkah AFI Nihaya Faradisa melakukan plagiat lagi? Atau ada yang mempermainkan isu ini secara sengaja? Mari waspada dan memfokuskan diri kita pada hal serta isu-isu yang jauh lebih penting. Mari mencoba mengkritisi tanpa membenci.
Loading...

No comments:

Komentar dari setiap Artikel adalah tanggung jawab pribadi masing-masing.

Berkomentarlah yang baik dan sopan.

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();
Powered by Blogger.