Breaking News

Pemerintah Desa Sidosari Gelar Pelatihan Sanitasi

Jabungonline.com - Pemerintah Desa Sidosari akan menggelar pelatihan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat dengan tema “Upaya Peningkatan Kesadaran Kesehatan Lingkungan menuju Masyarakat Bersih dan Sehat.” 

Kegiatan ini diselenggarakan selama satu hari di kantor Desa Sidosari Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan senin, (07/08). 

Dihadiri oleh 30 peserta, mayoritas dari kalangan warga dan beberapa ketua RT. Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan kesehatan dan kebersihan, utamanya dalam lingkungan keluarga. 

“Kegiatan ini berkesinambungan dengan program pembangunan jamban di desa Sidosari yang telah dilakukannya pada tahun 2016 berkat kerjakan dengan perguruan tinggi poltekkes. Karenanya, kepada masyarakat agar bisa bekerjasama dalam pembangunan dan menyadari akan pentingnya menjaga kesehatan.” Ujar SI. Bintang alam selaku pelaksana kegiatan.

Ia menambahkan, Pelatihan jamban sehat yang anggarannya bersumber dari Dana Desa tahun anggaran 2017 ini. Materi yang akan disampaikan adalah program kesehatan lingkungan, keorganisasian dan jamban sehat. 

Hadir sebagai narasumber, Abdul hasan, Dosen Poltekkes Tanjung karang, Bambang, Petugas Puskesmas Hajimena, Nur Aisah, Pustu Sidosari dan Rela Latif, Tenaga Ahli Pemberdayaan Kabupaten Lamsel. 

Usai pemaparan materi, para peserta pun akan diajak berpraktek membuat jamban dan septictank. 

Kepala Desa Sidosari Paryanto membenarkan bahwa Desa nya akan menggelar pelatihan jamban sehat, harapannya setelah diberikan pelatihan POKJA ini mampu menjadi pejuang jamban guna terwujudnya desa yang bersih dan sehat. Selain memberikan pelatihan, desa juga membeli alat cetak closet dan septictank sehingga jika warga akan membuat jamban sederhana dan murah dapat mencetak sendiri.(Alfian)

No comments

Komentar dari setiap Artikel adalah tanggung jawab pribadi masing-masing.
Berkomentarlah yang baik dan sopan.