Santai Soal Bendera Merah Putih Terbalik, Pengamat: Jokowi Lemah di Hadapan Malaysia

Jabungonline.com Presiden Joko Widodo terlihat lemah di hadapan pihak Malaysia dalam menyikapi bendera Merah Putih yang terpasang terbalik di booklet SEA Games 26. Hal itu terlihat dari reaksi Jokowi yang meminta kasus bendera terbalik tidak dibesar-besarkan.

Pendapat itu disampaikan pengamat politik Zainal Abidin kepada intelijen (21/08). "Seharusnya Jokowi melayangkan protes keras, karena kasus ini kental unsur kesengajaan. Yakni, sebagai bentuk teror menurunkan mental atlet Indonesia," beber Zainal. 

Menurut Zainal, di satu sisi, sikap lemah yang ditunjukkan Presiden Jokowi justru membuat atlet Indonesia kurang bersemangat. "Harusnya Jokowi bisa memanfaatkan kasus Malaysia ini untuk mempersatukan Bangsa Indonesia," ungkap Zainal.

Zainal mengungkapkan, pernyataan Jokowi itu juga diikuti para buzzer Istana yang mendukung sikap mantan Wali Kota Solo. "Saya amati, para buzzer pendukung Jokowi di medsos seolah dapat komando mendukung pernyataan Jokowi. Para buzzer menilai tidak perlu emosional menghadapi Malaysia," jelas Zainal. 

Sebelumnya, Presiden Jokowi meminta kasus bendera terbalik buku panduan SEA Games 2017 di Malaysia tidak perlu dibesar-besarkan. 

"Saya kira kita menunggu permintaan maaf resmi dari Pemerintah Malaysia, nggak usah dibesar-besarkan," kata Presiden Joko Widodo, setelah menyerahkan sertifikat tanah untuk masyarakat Jabodetabek, Minggu (20/08). [ito]

Loading...

No comments:

Komentar dari setiap Artikel adalah tanggung jawab pribadi masing-masing.

Berkomentarlah yang baik dan sopan.

loading...
Powered by Blogger.