Yusril: Masyarakat Indonesia Dihimbau Berjiwa Besar Dalam Insiden Terbaliknya Bendera

Jabungonline.com - Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra buka suara terkait insiden terbaliknya penayangan bendera Indonesia dalam buku panduan resmi Sea Games 2017 di Malaysia.

Yusril mengakui, kejadian tersebut memang murni kesalahan dan keteledoran Malaysia sebagai tuan rumah. Ia pun memaklumi jika masyarakat Indonesia dibuat berang karenanya.

Namun demikian, Yusril cenderung tidak ingin memperpanjang polemik ini. Terlebih, pemerintah Malaysia sudah menyampaikan permintaan maaf secara terbuka melalui Menteri Olahraganya, Khairy Jamaluddin.

“Jadi saya kira kita mengambil satu sikap yang sewajarnya lah. Mudah-mudahan kita dengan jiwa besar bisa memaafkan,” kata Yusril di Kantor DPP PBB, Jalan Raya Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (21/8).

Hal ini, lanjutnya, akan berbeda jika pihak insiden ini terjadi karena adanya unsur kesengajaan yang disertai kealpaan pemerintah Malaysia untuk meminta maaf kepada masyarakat dan pemerintah Indonesia.

Jika kondisinya demikian, jelasnya, sudah seharusnya polemik ini diperpanjang dan sangat wajar jika pemerintah maupun masyarakat Indonesia melakukan aksi boikot terhadap hal-hal yang berbau Malaysia.

“Kesalahan-kesalahan itu memang patut kita sesali. Tapi apa boleh buat, itu sudah terjadi dan mereka sudah menyadari itu keteledorannya dan menyampaikan permohonan maaf ya tergantung pada sikap kita apakah kita akan memaafkan,” pungkasnya.

Seperti yang diketahui, Menteri Olahraga Malaysia, Khairy Jamaluddin, telah bertemu dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Indonesia, Imam Nahrowi di Kuala Lumpur, Minggu (20/8) kemarin. Dalam kesempatan tersebut, Khairy telah meminta maaf secara terbuka atas keteledoran panitia Sea Games kepada masyarakat Indonesia.[akt]

No comments:

Komentar dari setiap Artikel adalah tanggung jawab pribadi masing-masing.

Berkomentarlah yang baik dan sopan.

Powered by Blogger.