Benarkah Lulusan Cumlaude Langsung Diterima CPNS


Ilustrasi/Foto: dok.JPNN

Jabungonline.com – Perhatian masyarakat ke lowongan CPNS baru begitu luar biasa. Ini tak pelak jadi kesempatan emas untuk kreator kabar hoax. Kali ini beredar informasi lulusan cumlaude bakal langsung diterima menjadi PNS baru.

Kabar tersebut di antaranya beredar diFacebook melalui tautan informasi dariwebsite wartapgri.id. Dengan judul beritaLulusan ’’Cumlaude’’ Perguruan Tinggi Akan Langsung Diangkat Menjadi PNS. Sekilas situs itu milik Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Namun setelah ditelusuri, situs itu bukan milik PGRI. Website resmi induk organisasi profesi guru itu adalah www.pgri.go.id. Di laman Facebook, sejumlah akun ikut menyebar informasi palsu itu. Di antaranya akun milik Forum Honorer K2.

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Muhammad Ridwan menegaskan, informasi tersebut adalah palsu alias hoax. ’’Tidak ada satu pun orang yang tanpa tes bisa menjadi CPNS atau PNS langsung,’’ katanya di Jakarta kemarin.

Dalam regulasi pengangkatan CPNS, alurnya mulai dari pendaftaran, seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar (SKD), dan seleksi kompetensi bidang (SKB).

Ridwan menjelaskan pemerintah memang membuka dua jalur khusus untuk menjadi CPNS. Yakni jalur pelamar cumlaude dan putra/putri Papua serta Papua Barat. Dibukanya jalur khusus itu, bukan berarti pelamar kategori cumlaude maupun Pupua-Papua Barat itu bukan berarti mereka akan melenggang menjadi PNS begitu saja.

Loading...

No comments:

Komentar dari setiap Artikel adalah tanggung jawab pribadi masing-masing.

Berkomentarlah yang baik dan sopan.

loading...
Powered by Blogger.