Breaking News

Uji Perppu Ormas Gagal di MK, Yusril: Banyak Yang Cari Panggung

Jabungonline.com – Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB), yang juga advokat penguji Perppu Ormas Yusril Ihza Mahendra kesal dengan banyaknya pihak yang cari panggung dalam uji materi Perppu 2/2017 di Mahkamah Konstitusi (MK).

Menurutnya, karena banyaknya pihak pemohon yang melakukan uji materi Perppu 2/2017 menyebabkan sidang MK menjadi panjang dan berlarut-larut, dan berakhir dengan disahkannya UU Ormas yang baru saja disepakati oleh DPR pada hari Selasa (24/10) kemarin.

“Masalahnya, terlalu banyak pihak yang mencari panggung dan mengajukan permohonan sendiri-sendiri, sehingga sidang MK menjadi panjang dan berlarut-larut. Akhirnya didahului DPR, sedang semua pemohon kini tinggal gigit jari,” kesal Yusril.

 

Yusril menjelaskan bahwa permohonan uji materi ini seharusnya cukup dengan satu permohonan saja. Sebab jika satu permohonan dikabulkan, keputusannya berlaku bagi semua.

Sebelumnya Menteri Sekretaris Negara di era Presiden SBY ini sudah memprediksi bahwa DPR akan menerima perppu ini sejak jauh hari. Sebab jika divoting, suara fraksi yang pro perppu lebih banyak dari penentangnya.

Menurutnya, pertimbangan DPR sangat politis dan berbeda dengan MK yang menguji perppu semata-mata yuridis-konstitusional.

“PDIP, Golkar, Nasdem, Hanura, PKB dan PPP adalah partai pendukung Pemerintah Jokowi. Sudah pasti mereka akan menerima perppu. Partai Demokrat yang diperkirakan akan menolak, ternyata akhirnya setuju juga dengan perppu,” urainya.

No comments

Komentar dari setiap Artikel adalah tanggung jawab pribadi masing-masing.
Berkomentarlah yang baik dan sopan.