Breaking News

Ketika Indonesia Bikin Bom Atom, AS Kelabakan

Jabungonline.com -Senjata nuklir termasuk bom atom merupakan senjata dengan daya pemusnah maha dahsyat yang hanya dimiliki dan dikembangkan beberapa negara saja di dunia.

Senjata berhulu ledak sangat mematikan ini pernah digunakan dua kali dalam pertempuran pada masa Perang Dunia II oleh Amerika Serikat (AS).

Kala itu, negeri ‘Paman Sam’ alias Amerika Serikat memporakporandakan dua kota di Jepang, yakni Hiroshima dan Nagasaki, hingga akhirnya Jepang menyerah kepada tentara sekutu tanpa syarat.

Untuk menjaga kedaulatan dan tanah air

Berbicara soal bom atom yang pada masa kini lebih dikenal dengan sebutan bom nuklir, sebenarnya ia sudah dikenal di Indonesia pertama kali sejak tahun 1954. Kala itu pemerintah Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Soekarno membentuk Panitia Negara untuk penyelidikan radioaktivitet.


Panitia Negara bertugas untuk menyelidiki kemungkinan jatuhan radioaktif di Samudera Atlantik. Bung Karno saat itu tidak ingin jika sisa nuklir masa Perang Dunia II mengganggu kehidupan masyarakat Indonesia.

Dengan memperhatikan perkembangan pendayagunaan dan pemanfaatan tenaga atom bagi kesejahteraan masyarakat, maka melalui Peraturan Pemerintah No. 65 Tahun 1958, pada tanggal 5 Desember 1958 dibentuklah Dewan Tenaga Atom dan Lembaga Tenaga Atom (LTA).

No comments

Komentar dari setiap Artikel adalah tanggung jawab pribadi masing-masing.
Berkomentarlah yang baik dan sopan.