Wujudkan Pertanian Tangguh, Mustafa Libatkan Perusahaan Swasta

Jabungonline.com - Tak hanya mencanangkan program one zone one product, Bupati Lampung Tengah Mustafa juga melibatkan perusahaan swasta untuk mewujudkan sektor pertanian yang tangguh.

Keterlibatan perusahaan diarahkan Bupati Mustafa untuk pembinaan dan penyaluran CSR yang menyentuh atau berguna langsung bagi petani. Seperti pengembangan sektor pertanian di Kampung Totokaton Kecamatan Punggur, Senin, 6 November 2017.

Melibatkan Perusahaan Pegadaian (Persero) Area Lampung, Mustafa menerima 4 unithand tracktor yang kemudian diserahkan kepada Kelompok Tani Toto Titi, di Kampung Totokaton.

Sebagai Pembina Gapoktan Lampung Tengah, Mustafa meminta agar sinergitas antara pemerintah dan perusahaan dilakukan untuk kemakmuran masyarakat khususnya petani. 

“Lampung Tengah sendiri memiliki banyak perusahaan berskala besar dan pelaku bisnis, jika CSR berjalan baik dan penyaluran bisa tepat sasaran, manfaat bisa diterima dan dirasakan langsung masyarakat,” ungkapnya.

Di sektor pertanian, lanjut bupati ronda ini, Lampung Tengah merupakan wilayah lumbung pangan yang telah menyumbangkan 20-30 persen kebutuhan pangan di Lampung. Potensi ini akan terus dikembangkan menjadi lebih tangguh.

“Berbagai upaya telah dilakukan, mulai dari menjaga stabilitas harga (one zone one product), pembinaan dan bantuan kepada petani. Kami juga libatkan perusahaan. Sudah ada beberapa perusahaan yang telah kita gandeng. Untuk Pegadaian saya ucapkan terima kasih, mudah-mudahan bisa diikuti perusahaan lainnya,” harapnya.

Sementara itu Deputi Bisnis Pegadaian Area Lampung Firdaus Widjdi, S.E., M.M., mengatakan, penyerahan bantuan empat buah hand traktor kepada kelompok tani kali ini merupakan amanah dari managemen sebagai program akhir tahun.

“Bahwa bantuan ini diharapkan memberikan manfaat sebesar-besarnya kepada masyarakat. Dan diharapkan kepada Bupati Mustafa bisa memberi arahan dan binaan untuk meningkatkan kemanfaatan bagi para petani,” ungkapnya.

Ditambahkannya, visi mereka adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Salah satunya memberikan bantuan seperti ini. Selain program lainya yang juga menunjang perekonomian masyarakat.

Terpisah, Ketua Gapoktan Toto Titi, Kecamatan Punggur Mustofa mengungkapkan terimakasihnya kepada pihak Pegadaian dan Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah yang sudah memberikan bantuan.

Dikatakannya, hand traktor sangat membantu dalam kelancaran dan percepatan proses tanam.

“Sudah ada hand tracktor tapi masih sistem bergantian jika ingin membajak sawah. Dengan adanya bantuan ini bisa bersamaan waktu membajak dan tanamnya sehingga bisa menghemat waktu,” tegasnya.

Usai penyerahan, Bupati Mustafa mengajak seluruh anggota gapoktan meninjau area persawahan yang baru tanam dan menyempatkan diri melakukan panen jagung di lokasi. (ted)

No comments

Powered by Blogger.