Breaking News

Bogor Jadi Tuan Rumah KTT Ulama dan Cendikiawan Muslim Dunia



Jabungonline.com - Bogor akan menerima kehormatan tinggi sebagai tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ulama dan Cendekiawan Muslim Dunia pada 1 hingga 3 Mei mendatang. KTT ini rencananya akan dihadiri sekitar 50 ulama dan cendekiawan Muslim dari berbagai negara.

Pelaksaannya sedang dipersiapkan oleh Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerjasama Antar Agama dan Peradaban (UKP-DKAAP) Prof Din Syamsuddin yang kini berada di Uni Emirat Arab bertemu Syaikh Dr Abdullah bin Bayah untuk menyampaikan undangan KTT, setelah sebelumnya menemui Grand Syaikh Al Azhar, Mesir.

“Ini bagian dari upaya mempromosikan pengembangan Wasathiyat Islam Indonesia ke dunia,” kata Din dalam rilis resmi UKP-DKAAP yang diterima Halal Lifestyle, Minggu (11/3/2018). KTT  nantinya akan dilaksanakan dilaksanakan di kantor UKP-DKAAP di Bogor.

Din menjelaskan kepada Abdullah bin Bayah, Indonesia khususnya umat Islam telah mengamalkan prinsip Islam yang wasathy. Hal itu tercermin dalam kehidupan berbangsa maupun bernegara berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 yang menurut Din merupakan cermin nilai-nilai Islam wasathiyah.

Sementara Abdullah bin Bayah menyampaikan apresiasi tinggi kepada Presiden RI Joko Widodo atas undangan menghadiri KTT di Bogor itu. Bin Bayah juga menyanjung umat Islam Indonesia yang selama ini dikenal selalu menampilkan Islam yang penuh kasih saying dan perdamaian atau dinul rahmah wa salamah. “Indonesia adalah contoh bagi umat Islam dunia lainnya,” kata Abdullah bin Bayah.

Berdasarkan rencana, KTT akan dihadiri Imam Masjidil Haram Syaikh Saleh bin Abdullah bin Hamid, Imam Masjidil Aqso Syaikh Muhammad Ahmad Husein, Cendekiwan Muslim Kanada Dr Jamal Badawi, Sekjen Konferensi Muslim Eropa Dr Muhammad Bechari, Ulama Iran Ayatullah Ali Taskhiri, Mufti Rusia Syaikh Ravil Ismagiloviich, Ketua Muslim Jepang Amin K Tokomasu, dan beberapa ulama serta cendekiawan lainnya. (Lpro/JO)

No comments

Komentar dari setiap Artikel adalah tanggung jawab pribadi masing-masing.
Berkomentarlah yang baik dan sopan.