Debat Publik II Pilgub Lampung Paslon Adu Program Unggulan


Ahmad Jajuli. | Dokumentasi

Jabungonline.com – Pasangan calon gubernur-wakil gubernur nomor urut 4 Mustafa-Ahmad Jajuli melalui cawagubnya Ahmad Jajuli meluncurkan aplikasi layanan publik berbasis digital pada saat debat kandidat, Sabtu (28/4) malam.

Aplikasi tersebut disebut dengan Go 4 Service. Aplikasi yang melayani 4 layanan yg tercermin dalam 4 pilihan menu, yakni menu layanan, menu lapor tentang laporan masyarakat dan usulan masyarakat, kemudian menu informasi tentang informasi pemerintahan dan jadwal pemerintahan, juga menu promosi tentang e commerce dan ruang obrolan antarwarga.

“Kami akan memiliki terobosan untuk melayani masyarakat Lampung yang semakin modern melalui aplikasi layanan publik berbasis digital. Aplikasi ini kami sebut Go 4 service,” kata Jajuli yang kemudian disusul dengan tayangan video penjelasan aplikasi digital tersebut.(*)

Calon wakil gubernur nomor urut 4 yang berpasangan dengan Mustafa, Ahmad Jajuli, menjelaskan, air bersih adalah infrastruktur dasar dalam kebutuhan manusia sehari-hari tak terkecuali masyarakat Lampung. Maka itu, dalam menyikapi darurat air bersih pada 9 kabupaten/kota yang ada di Lampung, kader PKS ini menekankan pentingnya menjaga aliran dan ketersediaan air bersih dari hulu ke hilir.


Jajuli mengemukakan itu pada Debat Publik II Pilgub Lampung yang diadakan KPU Lampung di Ballroom Hotel Novotel, Sabtu malam, 28/4/2018.

Menurut Ahmad Jajuli, pangkal permasalahan terkait air bersih adalah penggundulan hutan di dataran tinggi seperti gunung dan perbukitan untuk kepentingan komersial.  Maka itu, ia menyarankan untuk dilakukan reboisasi pada daerah hilir agar air resapan bisa mengalir hingga ke hilir yang banyak permukiman.

Selain itu, budaya menjaga lingkungan dengan cara membuang sampah pada tempatnya juga perlu digalakkan kembali. Pasalnya, tercemarnya air sungai berpengaruh pada kualitas air tanah yang biasa dikonsumsi masyarakat sehari-hari.

Ahmad Jajuli juga menerangkan di titik-titik darurat air bersih perlu dibuat tanggul darurat skala kecil dalam jumlah yang banyak seperti yang ia lihat telah diterapkan di pusat pertambakan udang,  Dipasena. Solusi ini merupakan salah satu gagasan alternatif yang ditawarkan Ahmad Jajuli ketika ditanya oleh moderator.

Sedangkan dari segi perencanaan tata ruang, ia berjanji akan menyusun RTRW yang tepat disertai pertimbangan hidrografi dengan dibantu para ahli jika nantinya memenangkan pemilihan gubernur Lampung Juni mendatang. Dari segi pendidikan, generasi muda sejak dini perlu diajarkan kurikulum berbasis lingkungan agar mereka bisa meletakan cerita tentang keindahan alam sebagai etika masyarakat yang melekat sejak dini di Lampung.

No comments:

Komentar dari setiap Artikel adalah tanggung jawab pribadi masing-masing.

Berkomentarlah yang baik dan sopan.

Powered by Blogger.