Mobil Neno Dibakar atau Terbakar, Ini Penjelasan Mekanik Resmi



Jabungonline.com – Mobil Neno Warisman mendadak terbakar saat terparkir di depan rumahnya di kawasan Cimanggis, Depok, kemarin.

Dugaan awal mobil itu sengaja diledakan oleh seseorang. Namun, berdasarkan hasil penelusuran kepolisian mobil minibus kepunyaan Neno itu terbakar lantaran ada korsleting pada bagian akinya.

“Kami cek mobil, hasil identifikasi bengkel kebakaran dipicu aki korsleting, kabel yang positif aki nempel di body (badan) mobil,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Argo Yuwono.

Lantas, apakah memang secara teknis mobil saat keadaan ‘mati’ bisa secara tiba-tiba terbakar? Insiden kebakaran biasanya terjadi saat mobil menyala atau tengah dikendarai.

Menyikapi itu Kepala Teknik Plaza Toyota Adit menyampaikan bahwa pada dasarnya kabel positif di aki menempel pada bodi kendaraan memang dapat membuat mobil terbakar. Walaupun posisi konci kontak dalam keadaan mati.

Namun, hal tersebut kecil kemungkinannya. Menurut dia yang harus dipertanyakan adalah bagaimana kabel itu dapat lepas saat mobil tidak sedang melaju atau sekadar dinyalakan. Sebab, pasti ada guncangan ketika mesin mobil menyala yang bisa membuat kabel tersebut lepas dari posisi seharusnya.

“Ini (kabel) harus di cek, dilihat fisiknya dulu. Karena harusnya kabel positifnya nempel di terminal baterai dengan baik, bisa jadi lepas dan kena bodi kendaraan. Jadi aneh juga sih kabelnya bisa lepas, kalau pun tidak kencang kabel baterai. Mobilnya saja diam,” kata Adit kepada CNNIndonesia.com.

Ia pun enggan menarik kesimpulan apa pun dari hal tersebut. Ia menjelaskan perlu investigasi lebih dalam untuk mengetahuinya.

“Yang pertama kronologi kejadiannya gimana lalu service history kendaraan. Terus harus dilihat fisik biar kelihatan sumber api dari mana. Bagaimana kabel yang terbakar dari luar dan yang terbakar karena korsleting listrik,” ungkapnya.

“Karena kabel kalau terbakar dari luar atau dalem itu beda hasilnya. Kalau terbakar dari luar, kabel meleleh jadi satu kesatuan serabutnya. Kalau terbakar dari dalam, kabelnya justru terurai karena panas,” kata Adit.

Sementara itu, Kepala Bengkel Daihatsu Pangeran Jayakarta Dolf Valentino sedikit menjelaskan ada beberapa penyebab dari kebakaran pada kendaraan yang salah satunya adalah modifikasi yang dilakukan pemilik di bagian kelistrikan.

Misalnya saja, ia menjelaskan adalah pemasangan additional audio, penambahan watt headlamp, serta mini aksesoring yang membuat penataan jalur kabel-kabel (wiring) secara sembarang dan meniban wiring original.

“Karena semua beban elektrik sudah diukur oleh pabrikan dengan watt yang ada dan kabel dengan ukuran sesuai. Jika ada penambahan yang tidak direkomendasikan pabrikan dan sembarang saat pemasangannya yang notabene tidak disadari pemilik kendaraan. Hal yang dianggap kecil ini tentu bisa memicu terjadinya panas berlebih dengan beban yang berlebih di wiring original dan membuat isolator wiring original meleleh,” kata Dolf.

Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Chandra PT Astra Daihatsu Motor (ADM) yang dimintai tanggapan mengaku bahwa pihaknya siap membantu jika diminta pihak kepolisian untuk menyelidiki terbakarnya Xenia milik Neno Warisman.

“Siap jika diminta check polisi,” tutup Amelia. [cnn]

No comments

Powered by Blogger.