Ahmad Junaidi Auly: Pemerintah Diminta Perbaiki Sistem Produksi dan Distribusi


Jabungonline.com - Kamis, 9 Agustus 2018 - Anggota Komisi XI DPR RI Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Junaidi Auly meminta kepada pemerintah pusat dan daerah untuk memperbaiki sistem produksi dan distribusi dalam rangka menjaga inflasi di setiap daerah. 

Menurutnya, harga bahan pokok mengalami kenaikan karena faktor produksi dan distribusinya.

"Secara ekonomi harga bahan pokok naik turun itu hal wajar, tapi kalau kenaikan harga tersebut naik cukup tinggi dikhawatirkan bisa berdampak pada masyarakat kurang mampu dalam hal ini daya beli” ungkap Junaidi dalam agenda sosialisasi peran BI Terhadap Pengendalian Inflasi dan Ekonomi Daerah di Seputih Raman, Lampung Timur. (9/8/2018)
Ia menambahkan, inflasi nasional per juli 2018 mencapai 2,18% dan bahan makanan memiliki andil inflasi paling tinggi mencapai 0,18%.

"Dari aspek tersebut pemerintah jangan hanya responsif terkait kebijakan atau program jangka pendek seperti pasar murah, tapi juga fokus pada peningkatan produksi dan distribusi” kata Anggota yang biasa disapa Bang Jun ini.

Bang Jun menambahkan, rendahnya inflasi pada tahun ini bisa saja berkaitan dengan permintaan masyarakat yang menurun dilihat dari inflasi yang terus turun dari 2014 sebesar 4,93% menjadi 2,95% di 2017 lalu. Indikator lainnya konsumsi rumah tangga yang hanya tumbuh di kisaran angka 5%.

"Dari data tersebut, pemerintah harus menggairahkan ekonomi melalui kebijakan-kebijakan yang bersifat insentif seperti penyesuaian pajak, kemudahan birokrasi, stabilitas nilai tukar dan juga perluasan akses pasar khususnya bagi umkm," ujar Anggota DPR Dapil Lampung II ini.  (Hadi/JO)

No comments

Powered by Blogger.