KPU Coret PSI dan Perindo dari Daftar Pendukung Bakal Capres Jokowi-Ma'ruf

KPU Coret PSI dan Perindo sebagai Partai Pengusul Jokowi-Ma'ruf Amin
Gedung KPU

Jabungonline.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mencoret Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Perindo dari daftar pendukung bakal calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin.

Komisioner KPU Hasyim Asy’ari mengatakan, kedua partai tersebut dicoret sesuai dengan amanat peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu menyebutkan pasangan calon diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik yang memenuhi threshold pemilu sebelumnya.

“Yang dihitung hanya partai politik peserta pemilu 2014,” ujar Hasyim di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta, Jumat (10/8/2018) kemarin.

Sementara, pada hari yang sama Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Riau mengalami permasalahan, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PSI Riau Rinaldi memutuskan untuk mengundurkan diri.

Tidak hanya mengundurkan diri sebagai ketua DPW PSI Riau, Rinaldi juga menyatakan mundur dalam pendaftaran Bakal Calon Legislatif.

Hal tersebut dibenarkan Rinaldi melalui status facebook-nya, bahkan Rinaldi memposting foto surat pengunduran dirinya kepada Sekjend PSI Raja Juliantoni.

“Saya sudah kirimkan surat ke Sekjend via WA, dan akan mengirimkan surat aslinya ba’da Jumat ini (kemarin, red),” kata Rinaldi, Jum’at (10/8/2018) kemarin.

Masih soal PSI, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bengkulu Selatan (BS) menyatakan Bacaleg PSI terbanyak tidak memenuhi syarat (TMS).

KPU Bengkulu Selatan menyebutkan sejumlah 23 bakal Caleg yang dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS). Dari 23 Bacaleg tersebut enam diantaranya dari PSI yang dinyatakan TMS.

“Parpol yang Bacalegnya paling banyak dinyatakan TMS yakni PSI,” kata Ketua KPU BS, Yulian SH usai menyerahkan berkas perbaikan Bacaleg kepada perwakilan Parpol di aula sekretariat KPU BS, Kamis (9/8/2018) lalu.

Loading...

No comments:

Komentar dari setiap Artikel adalah tanggung jawab pribadi masing-masing.

Berkomentarlah yang baik dan sopan.

loading...
Powered by Blogger.