Ini Bukti Pemerintah Tak Siap Tangani Bencana

Jabung Online – Langkah pemerintah mengizinkan masyarakat Palu mengambil sendiri kebutuhan makanan di minimarket dan toko swalayan hingga berujung aksi penjarahan disayangkan banyak pihak.


Politisi Partai Gerindra Sodik Mudjahid mengatakan, jika aksi penjarahan dilakukan warga atas rekomendasi pejabat pemerintah bukan langkah yang tepat.

“Penjarahan terjadi setelah seorang pejabat memberikan angin kepada masyarakat untuk melakukannya,” kata Sodik kepada wartawan, Senin (1/10).

Menurutnya, kebijakan pemakluman tersebut tidak bisa dibenarkan dalam kondisi apapun. Sodik pun menyoroti ketidaksiapan pemerintah dalam mengirimkan bantuan logistik untuk korban gempa di Palu dan Donggala.

Seharusnya, pemerintah mengambil langkah lain. Bukan malah mengizinkan masyarakat mengambil segala kebutuhan pokoknya yang terkesan membolehkan aksi penjarahan minimarket dan toko swalayan.

“Sangat memalukan karena merupakan sebuah edukasi yang buruk. Kondisi darurat bukan alasan untuk memberikan angin kepada penjarahan. Angin atau arahan tersebut juga menunjukkan ketidaksiapan pemerintah melalukan supply logistik kepada korban,” jelas Sodik yang juga wakil ketua Komisi VIII DPR RI. [rmol]

No comments

Powered by Blogger.