IKLB JABAR MELESTARIKAN ADAT BUDAYA LAMPUNG DI BANDUNG


Jabung Online - Bandung,minggu 14 okt 2018, Ikatan keluarga Lampung Bandung Jawa Barat ( IKLB Jabar)  mengadakan kegiatan rutin pertemuan anggota organisasi dua bulanan di markas besar sekretariat IKLB Jabar jl.Adyaks ,Ters Buah Batu Bandung,acara tersebut dihadiri oleh Ketua IKLB Jabar Syafrial SE, dan Doifi Musaifir,Metropol sebagai wakil Ketua,serta Penasehat IKLB Dazuli Karim,Drs.Syahiddudin, dan seluruh kepala bidang beserta anggota IKLB Jabar.

Wakil Ketua I IKLB Jabar Doifi Musaifir menerangkan Dalam pertemuan kali ini IKLB Jabar mengangkat tema “Menjaga dan Melestarikan Nilai Budaya Lampung dari Era Globalisasi” yang tentunya tema ini sesuai dengan salah satu tujuan IKLB Jabar.

Seiring berjalannya era globalisasi,IKLB  Jabar terus menjaga dan melestarikan nilai nilai budaya lampung meskipun ditanah rantau kota bandung ,seperti IKLB Jabar sdh membuat tim Betabuh,Pincak Khakot lampung dan Sanggar busana khas lampung dalam rangka melawan pengaruh-pengaruh negatif dari globalisasi. Terutama, pengaruhnya terhadap bidang kebudayaan lampung.

Ketua Bidang Budaya dan Pariwisata IKLB Jabar Ahmad Gunawan .S.Sos. menjelaskan Proses globalisasi, pada awalnya ditandai dengan kemajuan di bidang teknologi informasi dan komunikasi. Kemajuan di bidang tersebut dapat mempengaruhi kehidupan masyarakat lampung. Contohnya, dengan teknologi internet, semua orang akan dapat mengakses berita darimanapun secara cepat dan instan. Hal ini menyebabkan terjadinya interaksi antar masyarakat secara luas yang akhirnya akan mempengaruhi satu sama lain terutama pada kebudayaan daerah lampung seperti kebudayaan gotong royong, menjenguk tetangga sakit dan lain-lain,kebudayaan kearifan lokal lampung,falsafah lampung dan adat istiadat lampung.Bahkan bukan hanya itu saja globalisasi juga dapat berpengaruh terhadap pemuda lampung  dalam kehidupan sehari-hari seperti budaya berpakaian, berbahasa daerah dan sebagainya.

Globalisasi  telah banyak merubah pola pikir dan pandangan generasi muda lampung terhadap nilai-nilai seni  tradisional yang semula seni tradisi di jadikan sebagai kebanggaan masyarakat lampung sekarang telah menjadi suatu yang tak benilai lagi. Banyak generasi muda Lampung yang salah dalam mengartikan globalisasi mereka lebih mengarah dan terpengaruh dengan budaya asing hanya sedikit orang yang masih mempertahankan seni tradisi dengan tujuan agar tidak hilang oleh kemajuan jaman.

Maka organisasi  daerah kemasyarakatan lampung rantau IKLB Ikut hadir dan mengambil peranan dalam rangka menjaga adat budaya lampung ditanah rantau ini pungkasnya. (Aldi)

No comments:

Komentar dari setiap Artikel adalah tanggung jawab pribadi masing-masing.

Berkomentarlah yang baik dan sopan.

Powered by Blogger.