Breaking News

Bupati Lamtim Dapat Apresiasi Pemerintah Pusat Dalam Pengelolaan Pariwisata

Jabung Online - Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi Prof Ahmad Erani Yustika memuji Pemkab Lampung Timur dalam pengelolaan pariwisata yang ada didaerahnya.

Hal tersebut diungkapkan oleh Prof Ahmad usai menghadiri Fokus Group Discussion (FGD) dengan media massa, di gedung D1 FEB Unila, Rabu,7 November 2018.

 

Menurut Prof Ahmad, dimata pemerintah pusat, Provinsi Lampung menjadi salah satu daerah yang pengembangan sektor pariwisatanya memiliki progres yang baik dari tahun ke tahun, apalagi di Lampung Timur hampir setiap bulan menggelar acara festival untuk mengangkat pariwisata yang ada di Lampung Timur.

 

"Saya kira Provinsi Lampung salah satu yang cukup cepat memanfaatkan dan mengembangkan pariwisatanya. Tadi saya dengar ada juga kabupaten yang bupatinya sangat sadar dan peduli pariwisatanya. Diharapkan dapat diikuti kabupaten lainnya," ujar Prof Ahmad kepada media.

Menurutnya agar lebih maju lagi, Lampung bisa mencontoh Kabupaten Banyuwangi dalam beberapa hal, termasuk dalam pengembangan pariwisatanya.

"Banyuwangi layak dijadikan role model, meski dengan penyesuaian dengan daerah masing-masing," paparnya.

Saat ini ada dua pilihan dalam pembangunan pariwisata. Cara pertama yaitu dengan menggaet investor, dan cara kedua dengan membangun tanpa investor. 

"Jika mau cepat, bisa pakai investor. Dalam waktu satu tahunpun infrastruktur dan penunjang lainnya akan langsung jadi. Akan tetapi dalam jangka panjang, warga setempat akan tersisih," Prof Ahmad saat Fokus Group Discussion (FGD) dengan media massa.

Menurutnya Pemerintah pusat menempatkan sektor pariwisata menjadi salah satu penyangga penting bagi pembangunan ekonomi bangsa. Maka dalam beberapa tahun terakhir mendorong pengembangan pariwisata.

"Itu bisa dilihat dengan adanya 10 destinasi wisata yang jadi fokus prioritas pengembangan. Tapi di luar itu, juga diharapkan Pemdanya yang mengembangkan. Misalnya dalam wujud pembangunan infrastruktur, pemberdayaan masyatakat maupun aneka informasi dan pengembangan produk untuk bisa di eksekusi di tiap daerah," jelasnya. 

Dalam empat tahun belakangan, lanjutnya, pertumbuhan sektor ekonomi di Indonesia luar biasa yaitu rata-rata 9-10%. Prospek dan pasarnya cukup bagus.

"Maka di masa mendatang baik pusat maupun daerah diharapkan kerjasama dan komitmen yang kuat," pungkasnya.(*)

No comments

Komentar dari setiap Artikel adalah tanggung jawab pribadi masing-masing.
Berkomentarlah yang baik dan sopan.