Gerakan Mahasiswa Sekarang Sudah Budeg dan Buta



Jabung Online – Pengamat politik dari Universitas Bung Karno (UBK) Ade Reza Hariadi menilai gerakan Mahasiswa saat ini dinilai sudah budeng dan buta.

Menurutnya kondisi gerakan mahasiswa saat ini seakan tak memiliki taji dalam melihat fenomena yang terjadi di masyarakat serta kehidupan berbangsa dan bernegara. Kondisi itu mencerminkan bahwa gerakan mahasiswa mengalami budek dan buta.

Menurutnya sedari dulu tidak pernah ada gerakan mahasiswa mendukung penguasa, terlebih ketika banyak kejanggalan dalam kebijakan pemerintah yang sejatinya bertentangan dengan kepentingan rakyat.

“Bukan berarti mereka harus mencari-cari kejelekan penguasa, enggak, tetapi kalau ada fakta-fakta yang dinilai meresahkan publik semestinya mereka kritisi. Saya termasuk yang mengkritik gerakan mahasiswa. Alamiahnya gerakan mahasiswa itu sebagai kelompok kritis di masyarakat,” kata Ade ditemui di Gedong Joang 45, Jakarta, Senin (12/11).

Dia mencontohkan kebijakan pemerintah seperti impor pangan dan menumpuknya utang luar negeri seharusnya menjadi poin yang harus dikritisi oleh gerakan mahasiswa. Namun sejauh ini, Ade belum mendapat berita soal demo besar mahasiswa mengenai kebijakan tersebut.

“Soal impor bahan pangan, soal utang luar negeri, ini kan sebenarnya tidak merefleksikan dengan apa yang dijanjikan oleh penguasa,” ujarnya. [rmol]

No comments

Powered by Blogger.