Kemenag Apresiasi Dewan Dakwah atas Program Sekolah Haji Indonesia (SHI) Pertama di Lampung


Jabung Online - Kementrian Agama (Kemenag) mengapresiasi hadirnya Sekolah Haji Indonesia (SHI) pertama yang berada di Bandar Lampung, Provinsi Lampung yang diinisiasi oleh Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (Dewan Dakwah) Provinsi Lampung. Pihak Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag melakukan kunjungan dan pembinaan SHI di Lampung yang berada di Jalan Sutan Jamil nomor 28 Gedung Meneng, Rajabasa, Bandar Lampung, Kamis (20/12).

Kepala Seksi Identifikasi dan Pemetaan Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag M Affan Rangkuti mengatakan, kehadiran SHI dapat memberikan pencerahan kepada masyarakat terkait penyelenggaraan ibadah haji di Tanah Suci Makkah dan Madinah.

Ujar M. Affan selaku perwakilan pihak kemang mengatakan "Kemenag mengapresiasi Sekolah Haji Indonesia yang mempunyai visi untuk memberikan pencerahan dan pembekalan secara komperhensif kepada masyarakat tentang aktivitas ibadah haji".

Kemenag, kata dia, akan bersinergi dengan SHI dalam hal pembekalan kepada para pengajar SHI. Selain itu, secara bersama-sama memberikan pelayanan dan pembelajaran yang benar kepada umat terkait penyelenggaraan haji dan umrah. "Kami siap untuk bersinergi dan memberikan pembekalan kepada para pengajar SHI,” katanya.

Kunjungan ke SHI tersebut, tim Kemenag melalui Kepala Seksi Penanganan Masalah Haji Novia Shara menyerahkan berbagai buku panduan dan petunjuk tentang Ibadah haji kepada Kepala SHI Lampung Amir Mudaris yang diterima di Kantor Dewan Dakwah Provinsi Lampung. Buku-buku panduan dan petunjuk ibadah haji tersebut, dapat menjadi refrensi dan tambahan kurikulum SHI yang sudah ada.

Amir Mudaris mengatakan, kegiatan belajar mengajar pada SHI akan dimulai awal tahun 2019. Dan ke depan, SHI akan membuka kantor cabang dan perwakilan di Indonesia. Hal tersebut, kata dia, untuk memeratakan kesadaran dan pemahanan umat tentang ibadah haji tersebut.

"Ini adalah sebuah visi besar dalam mencapai kesempurnaan keislaman seseorang, bahwa tidak akan mungkin sempurna keislaman seseorang apabila salah satu rukun atau tiang agamanya tidak ditegakkan semuanya,". ujarnya.

Adapun Sekolah Haji Indonesia Dewan Dakwah diresmikan pada hari Sabtu tanggal 08 Desember 2018. Pada saat peresmian dibuka oleh Wakil Ketua Dewan Dakwah KH. Hafi Suyanto,Lc pada sambutannya beliau menyampaikan bahwa "Allah mewajibkan Ibadah Haji, pasti kewajiban itu dapat dilakukan semua muslim. Tidak mungkin Allah mewajibkan sesuatu ibadah tetapi tidak bisa dilakukan dan tujuan dari pelaksanan Ibadah haji tersebut adalah untuk menyempurnakan kewajiban sebagai seorang muslim dan untuk mendapatkan janji Allah berupa surga dan diampuni dosa," tambah dia.

Amir Mudaris menyampaikan, “Target SHI yaitu mengajak semua kalangan dan elemen masyarakat muslim untuk mempelajari dan memahami tentang kewajiban berhaji ke Baitullah selain itu pembelajaran dan pembekalan akan diberikan dengan metode dan tema yang berbeda-beda, sesuai dengan tingkat dan jenjang peserta.

Salah satu peserta, Abdullah, mengucapkan syukur atas adanya SHI di Lampung.

"Semoga dapat memberikan pencerahan dan pembelajaran kepada masyarakat muslim, serta menjadi motivasi untuk melaksanakan haji ketika usia masih muda," harapnya.
Loading...

No comments:

Komentar dari setiap Artikel adalah tanggung jawab pribadi masing-masing.

Berkomentarlah yang baik dan sopan.

loading...
Powered by Blogger.