Breaking News

Junaidi : Potensi Pertumbuhan Perbankan Syariah Sangat Besar


Jabung Online - Senin, 25 Februari 2019 - Perbankan Syariah di Indonesia harus mampu berkembang lebih maju lagi, potensi bank syariah nasional untuk berkembang sangat besar karena penduduk muslim terbesar di dunia. 

Anggota Komisi XI DPR RI Ahmad Junaidi Auly mengatakan pangsa pasar bank syariah masih jauh dibandingkan pangsa pasar bank konvensional yaitu pada kisaran 6% dan ini harus didorong untuk terus tumbuh dan berkembang agar mampu memberikan kontribusi pertumbuhan ekonomi nasional.

Anggota yang biasa disapa Bang Jun ini memaparkan pentingnya peningkatan literasi dan inklusi keuangan syariah. 
"data OJK mengatakan indeks literasi keuangan syariah kita di angka 8,11%, hal ini menunjukkan masih rendahnya literasi keuangan syariah yang menjadi salah satu faktor bank syariah nasional tidak tumbuh signifikan,"ujar Bang Jun dalam Agenda Sosialisasi tentang Memahami Perbankan Syariah bersama OJK Lampung di Tanjung Raya, Mesuji. 

Bang Jun melanjutkan, Aset Bank Umum Syariah (BUS) per Desember 2018 mencapai Rp 316,6 triliun dan Aset Unit Usaha Syariah (UUS) Rp 160,6 triliun dan total Aset BUS dan UUS mencapai Rp 477,3 triliun. Namun, ia menegaskan walaupun total aset tersebut naik dari tahun sebelumnya, tentunya masih jauh dari total aset Bank konvensional yang memiliki total aset mencapai Rp 8.068 triliun.

"Harapannya Kedepan OJK terus berupaya maksimal untuk meminimalisir ketimpangan ini dengan memberikan arahan serta kebijakan yang sifatnya membangun perbankan syariah," pungkas Kandidat Doktor di IPDN ini. (Hadi/JO) 

No comments

Komentar dari setiap Artikel adalah tanggung jawab pribadi masing-masing.
Berkomentarlah yang baik dan sopan.