Gagal Finish Marquez Harus Puas Merosot di Posisi 4 Klasmen, Rins Juara Baru di Austin



Pembalap Suzuki Alex Rins (kiri) dan pembalap Yamaha Valentino Rossi. ( Foto: MotoGP.com )


Jabung Online  - Grand Prix Amerika Serikat di Austin, Texas, akhirnya memiliki juara baru setelah Marc Marquez terjatuh dan membuka jalan bagi kemenangan perdana pembalap Suzuki Alex Rins, Minggu (14/4/2019) waktu setempat atau Senin dini hari WIB.

Marquez, juara di Austin sejak sirkuit itu menggelar MotoGP pada 2013, terjatuh sendiri pada putaran ke sembilan saat menikung terlalu rendah di tikungan 12. Sebelumnya dia tampil sangat meyakinkan dan sangat berpeluang menjadi juara tujuh kali beruntun di sana dengan keunggulan tiga detik lebih dari pembalap terdekat.

Pembalap Repsol Honda itu berjuang keras untuk kembali ke trek, dibantu marshal yang mendorong motornya. Sayangnya, Honda RC213V miliknya tetap tak mau hidup lagi.
Musibah yang menimpa Marquez membuat pembalap Yamaha Valentino Rossi mengambil alih pimpinan. Namun, empat putaran menjelang finis, Rins yang terus menempel ketat akhirnya menemukan celah dan mampu menyalip Rossi.
Rins memang tampak sangat percaya diri di atas motornya dan cukup bersabar menunggu saat yang tepat untuk menyerang, ketika ban motor Rossi sudah sangat aus dan kehilangan akselerasi.

Upaya Rossi menyerang di putaran terakhir juga gagal meskipun dia mampu memangkas jarak dari 0,7 detik menjadi 0,3 detik.

Podium ketiga direbut oleh pembalap Pramac Ducati Jack Miller yang memang tampil konsisten di Austin sejak sesi latihan. Dia praktis sendirian di posisinya sepanjang balapan, dan baru pada putaran terakhir pembalap tim utama Ducati Andrea Dovizioso mampu mendekat.
Meskipun hanya finis keempat, Dovizioso kembali ke puncak klasemen, unggul tiga poin atas Rossi.

Dengan kemenangan pertamanya di MotoGP ini, Rins juga naik ke posisi tiga. Marquez harus melorot ke posisi empat karena gagal mendapatkan poin sama sekali. Empat pembalap teratas itu hanya dipisahkan sembilan poin di klasemen.

Pembalap Yamaha SRT Marco Morbidelli juga meraih hasil bagus dengan finis kelima, sementara mitranya, Fabio Quartararo finis ketujuh. Di antara mereka berdua ada pembalap Ducati Danilo Petrucci.

Pol Espargaro finis kedelapan untuk Red Bull KTM, disusul pembalap Pramac Fransesco Bagnaia.

Melengkapi 10 besar adalah pembalap LCR Honda Takaaki Nakagami, hasil terbaik yang diraih Honda dalam balapan tersebut.
Selain Marquez, sejumlah pembalap top lainnya juga bernasib sial dalam balapan ini. Rekan setimnya, Jorge Lorenzo, mengalami masalah mesin dan harus menghentikan balapan di pertengahan lomba.

Pembalap LCR Honda Cal Crutchlow terjatuh di awal balapan, sementara pembalap Yamaha Maverick Vinales kena penalti ride throughkarena mencuri start atau jump start.

Heru Andriyanto / HA
Sumber: Fox Sports TV

No comments

Powered by Blogger.