Breaking News

Jokowi akan Resmikan Tol dan Kampanye di Probolinggo, Ribuan Pasukan Disiagakan



Jabung Online - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dijadwalkan meresmikan jalan Tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) dan kampanye di Probolinggo pada Rabu (10/3/2019).

"Iya betul, rencana peresmian pukul 08.00 WIB, lokasi di gate Leces," tutur Direktur Utama PT Trans Jawa Paspro Jalan Tol, Dwi Pratikno saat dikonfirmasi Liputan6.com, Selasa 9 April 2019.
Usai meresmikan tol Paspro, Jokowi juga dijadwalkan menghadiri kampanye di GOR Mastrib, Kota Probolinggo.

Terkait kegiatan itu, Danrem 083/Baladhika Jaya, Kolonel Inf. Bagus Suryadi Tayo, mengatakan ada 2.347 personil gabungan TNI-Polri yang dikerahkan dalam pengamanan ini.

"Rinciannya TNI ada 1.341 personil dan Polri sebanyak 1.006 personil. Serta dibantu 2 Satuan Setingkat Kompi (SSK) Brimob Polda Jatim," kata Bagus usai memimpin gelar pasukan di Stadion Bayuangga.

Bagus menyampaikan, ribuan pasukan itu disebar dalam 52 titik penjagaan. Mulai dari helipad di Stadion Bayuangga, ke tol Paspro Kabupaten Probolinggo. Hingga perjalanan kembali ke Kota Probolinggo menuju GOR Mastrip. 

"Karena ada beberapa tujuan yang ada dalam agenda RI 1, maka disejumlah jalur ada 52 titik pengamanan. Karena ini tetap sebagai pengamanan VVIP, maka semua disiapsiagakan. Jadi tidak ada yang namanya obyek paling vital," ujarnya.

Kapolresta Probolinggo, AKBP Alfian Nurrizal menambahkan, meski ada kegiatan Presiden Jokowi, dipastikan tidak ada pengalihan arus.

Namun, untuk truk bermuatan berat diharap tidak beroperasi terlebih dahulu hingga sekitar pukul 11.00 WIB. Sebab dikhawatirkan akan menimbulkan kemacetan panjang di beberapa titik yang dilintasi rombongan Presiden Jokowi.

"Arus lalu lintas akan tetap seperti biasanya karena tidak ada pengalihan arus. Sehingga masyarakat dapat beraktifitas dengan biasanya, namun tetap akan dijaga. Untuk truk besar bermuatan berat diharap jangan beroperasi terlebih dahulu di wilayah Probolinggo," ujar Alfian.

Tentang Tol Pasuruan-Probolinggo

Direktur Utama PT Trans Jawa Paspro Jalan Tol, Dwi Pratikno menjelaskan, bahwa pembangunan Tol Paspro ini relatif cukup lancar dibandingkan dengan pembangun tol yang lainnya.

"Tol Paspro ini dimulai dari seksi I Grati Pasuruan-Tongas, Seksi II Tongas-Probolinggo Barat dan Seksi III Probolinggo Barat-Probolinggo Timur, dengan panjang keseluruhan adalah 31,3 kilometer," kata Dwi. 

Dwi menyampaikan bahwa total investasi Tol Paspro ini senilai Rp 4,6 triliun untuk tiga seksi dengan konsesi 50 tahun. Sementara untuk tarif yang diusulkan kepada Jasamarga adalah Rp 1.185 per kilometer.

"Progresnya sudah oke dan diharapkan minggu depan, presiden bisa meresmikan Tol Paspro seksi I, II, III," kata Dwi.

Dwi menjelaskan rest area di Tol Paspro ini ada dua dijalur kiri dan kanan. Sehingga total rest area ada empat dengan tipe B.

"Lahan yang disiapkan hampir empat hektar untuk masing - masing rest area. Rest area tipe B ini tidak ada SPBU nya. Jarak antar rest area adalah 7,5 kilometer," ucapnya.

Dwi menegaskan bahwa jarak tempuh Tol Paspro dari seksi I hingga III, dengan kecepatan standar 60 kilometer per jam hanya membutuhkan waktu 30 menit. "Kalau lewat jalur nasional dari Pasuruan ke Probolinggo itu 2,5 jam, jadi masih hemat dua jam," ujar Dwi.

No comments:

Komentar dari setiap Artikel adalah tanggung jawab pribadi masing-masing.
Berkomentarlah yang baik dan sopan.

Powered by Blogger.