KPU Minta Masyarakat Tak Viralkan Kesalahan Input Data di Situs Resmi Real Count



Jabung Online - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Ilham Saputra meminta masyarakat tak memviralkan sekaligus menjadi bahan candaan soal kesalahan input data terkait hasil real count di situs resmi KPU. Meski begitu, ia tetap apresiasi masyarakat yang melaporkan kepada pihaknya terkait kesalahan input data.

"Saya apresiasi laporan masyarakat tapi jangan diviralkan seakan-akan dibuat meme ini sistematis curang, tidak ada itu," kata Ilham di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Jumat (19/4/2019).

Semestinya, apa yang ditemukan masyarakat soal salah input data bisa langsung dilaporkan kepada KPU dan bukan untuk diviralkan kesalahan itu.

"Jadi prinsipnya sekali lagi masyarakat silakan memantau Situng, kemudian memastikan C-1 itu yang masyarakat pegang atau tidak ada kesesuaian silahkan laporkan kepada kami, tapi tidak dengan cara kemudian memviralkan dan menganggap buat meme-meme KPU curang, tidak ada sama sekali seperti itu, jadi sekali lagi ini human error dan sudah diperbaiki," ujarnya.
 
KPU Buat Layanan Pengaduan

Dengan adanya kejadian seperti ini, KPU akan membuat layanan pengaduan atau kontak center untuk menerima laporan masyarakat jika terjadi kesalahan serupa. Hal ini bertujuan agar masyarakat tidak membuat kehebohan di media sosial.

"Jadi sekali lagi, bahwa tolong kepada masyarakat, kalau mau perbaiki silakan kontak kami, kami akan membuat semacam kontak laporan ya, entah itu dalam bentuk WA kemudian telepon. Jangan kemudian memberikan informasi seakan-akan KPU curang, KPU melakukan ini secara sistematis, tidak ada sama sekali seperti itu," pungkasnya.

Sebelumnya, media sosial dihebohkan dengan sejumlah video yang memperlihatkan perbedaan input data situs KPU dengan data pleno C1 di sejumlah TPS. Kesalahan input yang viral salah satunya di Bidara Cina, Jakarta Timur.

Reporter: Nur Habibie
Sumber: Merdeka.com

No comments

Powered by Blogger.