Media Sosial Dibatasi, Menkominfo: Jangan Pakai VPN Gratis, Bahaya!



Jabung Online - Untuk bisa mengakses media sosial dan layanan perpesanan secara penuh, dua hari terakhir, banyak warga net (netizen) yang merekomendasikan penggunaan virtual private network (VPN).

Namun, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara tidak menyarankan masyarakat menggunakan VPN gratisan karena bisa terekspos data-data pengguna.

"Kalau gratis bisa terekspose data kita. Bisa juga disusupi malware. Tak ada jaminan tidak akan disusupi malware atau terekspose data kita," ujarnya, di kantor Menkopolhukam, Jakarta, Kamis, 23 Mei 2019.

Menurut Rudiantara, yang dilakukan pemerintah saat ini bukan menutup sarana komunikasi masyarakat, tetapi melakukan pembatasan. Masyarakat masih bisa menggunakan pesan teks.

Menkominfo juga mengklaim pembatasan akses ini efektif menekan hoaks dan penyebaran konten negatif.

"Efektif [tangkal hoaks] karena kalau kita menerima pesan ada tulisan teks, ada gambar, ada video, mana yang paling cepat menyentuh emosi kita, video. Video tanpa teks dilahap saja," jelas Rudiantara, dilansir CNBC Indonesia.

Asal tahu saja, sejak dua hari lalu pemerintah membatasi akses masyarakat ke media sosial dan layanan perpesanan.

Fitur yang dibatasi mengunggah foto dan video. Kebijakan ini untuk menangkal penyebaran hoaks dan konten negatif. (*/SB/JO)

No comments

Powered by Blogger.