Anies: Prinsip Keadilan dan Pancasila Tak Sekadar Teks


Photo : VIVA.co.id/ Eduward Ambarita


Jabung Online  – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, memimpin upacara peringatan Hari Pancasila di lapangan silang Monas, Jakarta Pusat, Sabtu pagi 1 Juni 2019. Di depan ribuan pegawai negeri sipil pemerintah Jakarta, Anies mengingatkan bahwa yang terpenting dari ideologi Pancasila ialah pelaksanaannya.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu secara khusus menyoroti pentingnya sila kelima, yaitu Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

"Begitu ada keadilan sosial, maka muncul persatuan. Begitu keadilan sosial muncul yang namanya kemanusiaan yang adil dan berbadab karena itulah puncak dari perjuangan kita," kata Anies dalam sambutannya.  

Anies mengingatkan, prinsip keadilan dan Pancasila itu sendiri jangan sampai hanya sekadar teks. Ia kembali menyinggung mengenai peraturan terdahulu, terkait razia warga dari luar Jakarta yang datang usai hari raya lebaran atau dikenal dengan nama operasi yustisi.


Operasi yustisi dinilainya telah menghilangkan rasa keadilan. "Ini prinsip dasar keadilan, kesempatan yang sama bagi warga negara di mana saja untuk mendapatkan pekerjaan di mana saja. Termasuk di Ibu Kota," ujarnya. 

Dia melanjutkan, "Kalau kita tidak secara serius mengoreksi banyak hal tentang prinsip keadilan dalam kebijakan-kebijakan keseharian kita, yang dikatakan Pancasila hanya muncul dalam teks." (ren)

Sumber: https://www.viva.co.id/berita/metro/1154110-anies-ingatkan-prinsip-keadilan-dan-pancasila-tak-sekadar-teks

No comments:

Komentar dari setiap Artikel adalah tanggung jawab pribadi masing-masing.
Berkomentarlah yang baik dan sopan.

Powered by Blogger.