Besok Senin, Jamaah An-Nadzir Lebaran




Jabung Online  - Jamaah An-Nadzir yang bermukim di STPP Gowa, Romang Lompoa, Kecamatan Bontomarannu, menetapkan 1 Syawal 1440 H atau hari raya Idul Fitri jatuh pada Senin(3/6/2019) besok.

Pelaksanaan sholat Idul Fitri akan digelar di halaman Masjid Baitul Muqaddis kompleks pondok Jamaah An-Nadzir.

Hal tersebut ditegaskan Ketua Dewan Pengawas dan Penanggung Jawab Pendidikan dan Pembangunan Jamaah An-Nadzir Gowa, Ustadz M. Samiruddin Pademmui mengatakan, penetapan tersebut berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan tim sembilan yang ditunjuk untuk melakukan pemantauan terhadap bulan.

"Kita puasa terakhir hari ini. Besok sudah masuk 1 Syawal jadi kita langsung sholat Idul Fitri. Ini berdasarkan hasil pemantauan tim sembilan dan beberapa anggota yang memantau pasang air laut," ujarnya, Ahad (02/06/2019).

Pemantauan, kata dia, sudah dilakukan di beberapa hari terakhir di bulan Ramadhan. Dan dari hasil pemantauan, bulan sudah tidak terlihat atau terbit di ufuk timur.

Pengamatan diklaim merupakan pengamatan yang dilakukan berdasarkan cara pengamatan nabi. Dimana untuk mnegetahui bulan Syaban maka pengamatan mulainya di bulan Rajab.

Untuk mengetahui Ramadhan di tinjau dari Syaban. Dan untuk Idul Fitri dengan mengamati akhir Ramadhan.

"Jadi ternyata tadi malam sidang rapat terakhir itu, kita amati sudah tidak nampak bulan. Tidak terbit bulan di timur. Kalau kami kan mengamati akhirnya bulannya,"jelasnya. (Sumber)

No comments

Powered by Blogger.