Aneh, Cuma di Indonesia Harga Bahan Pokok Naik Jelang Lebaran

Ilustrasi pedagang sembako di Pasar Tugu, Bandar Lampung | M Davit Saputra

Jakarta – Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) memanggil para menteri bidang ekonomi dan para pengusaha bahan pokok untuk membahas perkembangan harga dan pasokan bahan pokok. Hal tersebut untuk mengantisipasi lonjakan harga yang kerap terjadi saat menjelang puasa dan bulan Ramadan.

“Ini hanya berbincang saja soal kebutuhan pokok. Ini kan mau masuk Lebaran, jadi kami mau pasokan aman.  Kalau pasokan aman, harga bisa stabil,” kata Anggota Wantimpres Suharso Manoarfa seperti dikutip dari Suara, Sabtu, 28/5/2016.

Suharso mengaku heran, terkait apa yang yang menyebabkan harga kebutuhan pokok mengalami kenaikan menjelang Lebaran dan saat ramadan. Pasalnya, hal tersebut hanya terjadi di Indonesia. “Ini aneh juga ya, karena kami melihat hanya di Indonesia harga-harga mengalami kenaikan menjelang puasa dan Lebaran. Negara lain yang sama-sama merayakan enggak. Contohnya, Malaysia atau negara lain yang mayoritas Islam enggak mengalami kenaikan, kalau ada kenaikannya juga tidak besar,” ujarnya.

Oleh sebab itu, Watimpres menggelar rapat dengan para menteri dan pengusaha untuk mencari solusi yang tepat agar harga pangan bisa terkendali. “Makanya, tadi bicara soal distribusi, pasokannya. Jadi, kami bisa antisipasi lebih awal,” kata dia.(*)

No comments

Powered by Blogger.