Bagian Operasi Intelejen: Kematian Untuk Mengalihkan

Dalam standard operating procedure (SOP) sebuah operasi intelejen, kematian bisa menjadi solusi untuk mengalihkan sebuah polemik yang sedang terjadi di masyarakat.

Dengan tujuan perhatian publik teralihkan dari sebuah skandal besar yang terjadi di masyarakat.

Target kematian itu pun bersifat random atau acak; bisa siapa saja, namun yang biasa menjadi standar pengukuran adalah berita kematian (orang tersebut) akan menutupi headline pemberitaan media massa nasional yang sedang ramai membicarakan skandal atau pengungkapan suatu kasus.

Karena bersifat random, publik harusnya bisa melihat time ing peristiwa dan sebab musabab kematian yang terjadi pada target.

Di Rusia, kematian dengan target tertentu biasanya berakhir dengan ‘penyakit yang wajar’ seperti serangan jantung atau apapun yang termasuk penyakit bawaan sang target.

Peristiwa skandal dan kejadian kematian (pengalih perhatian) biasanya tidak jauh waktunya; misalnya tanggal kejadian pengungkapan adalah tanggal 29 lalu berita kematian terjadi pada tanggal 31; ini dengan tujuan dapat mengurangi atau meredam ‘pemberitaan’ headline media massa nasional.

Ini hal yang biasa dilakukan dalam Intelejen, mungkin publik sendiri yang tidak menyadari akan adanya operasi intelejen tersebut, dan cenderung memang teralihkan.

Kematian yang menjadi solusi pengalihan.

No comments

Powered by Blogger.