Sepekan, Harga 7 Komoditas Pangan di Lampung Timur Tak Ada Perubahan

Selamat malam sahabat JO pada kesempatan kali ini JO akan berbagi informasi mengenai Sepekan, Harga 7 Komoditas Pangan di Lampung Timur Tak Ada Perubahan,  yuk disimak...!

Siti Fatonah, saat melayani pembeli di Pasar Tridatu Kecamatan Labuhanratu, Lampung Timur.

Sukadana - Kebijakan Menteri Perdagangan menetapkan harga acuan pembelian di tingkat petani dan harga acuan penjualan di tingkat konsumen pada tujuh komoditas pangan belum diterapkan di Kabupaten Lampung Timur. Padahal, aturan ini sudah diterbitkan sepekan lalu.

Tujuh komoditas pangan yang diatur harganya yakni beras, jagung, kedelai, gula, bawang merah, cabai, dan daging sapi. Saat ini harga tujuh komoditas di Lampung Timur belum ada perubahan. Seperti di Pasar Pugungraharjo Kecamatan Sekampungudik, untuk harga cabai merah masih bertahan yakni Rp35.000 per kilogram dan cabai rawit Rp 40.000 per kilogram.

Sementara, harga bawang merah Rp35.000 per kilogram. Harga kacang kedelai Rp13.000 per kilogram. "Belum ada perubahan, harganya masih bertahan," kata Tuti, pedagang setempat kepada Saibumi.com, Jumat 23 September 2016.

Dadang, pedagang lainnya, mengaku untuk harga sapi masih Rp120.000 per kilogram. Dibandingkan harga sebelumnya mengalami penurunan, tapi tidak sigfinikan. "Kalau daerah lain ada yang Rp110 ribu dan ada juga yang Rp125 ribu, bergantung daerahnya," ungkapnya.

Lain halnya di Pasar Tridatu, Kecamatan Labuhanratu. Penuturan Siti Fatonah, pedagang setempat, harga gula masih Rp14.000 per kilogram. Sedangkan harga beras Rp8.300 per kilogram. Menurutnya cuma harga beras dan sayuran yang turun. "Memang harganya labil, itu biasa terjadi di pasar," kata dia.

Kendati belum mengalami penurunan sesuai Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 63/MDAG/PER/09/2016 tentang Harga Acuan Pembelian di Petani dan Harga Acuan Penjualan di Konsumen. Namun, kebijakan ini terus ditinjau hingga empat bulan ke depan. (*) 

Demikian sahabat JO informasi yang berhasil JO kutip dari beberapa media online,  mudah-mudahan bermanfaat.

No comments

Powered by Blogger.