Sidang E-KTP, Setya Novanto: Saya Tak Kenal Dekat Andi Narogong

Setya Novanto tiba di gedung Tipikor, Jakarta Pusat, 6 April 2017. Setya Novanto akan menjadi saksi dalam sidang kasus e-KTP. TEMPO/Maria Fransisca

Jabungonline.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Setya Novanto membantah kenal dekat dengan pengusaha Andi Agustinus alias Andi Narogong. Andi adalah pengusaha rekanan Kementerian Dalam Negeri yang ditetapkan Komisi Pemberantasan Korupsi sebagai tersangka korupsi proyek kartu tanda penduduk elektronik.

Setya mengatakan ia mulai kenal Andi sejak 2009. Saat itu, Andi mendatangi Setya di kafe Tee Box milik politikus Golkar itu.

"Waktu itu saya duduk di Tee Box mau makan, lalu ada anak muda yang datang mengenalkan dirinya sebagai Andi Narogong," kata Setya di hadapan majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kamis, 6 April 2017.

Setya menjelaskan, kala itu Andi bertanya kepada dirinya apakah membutuhkan atribut untuk Partai Golkar. Lantas Andi menawarkan kaus seragam partai. "Dia sebutkan harganya. Saya bilang enggak mungkin, harganya terlalu tinggi," ujarnya.

Pada pertemuan pertama itu, Setya akhirnya menolak tawaran Andi karena harga yang ditawarkan mahal. Namun Andi kembali menemuinya di Tee Box dan berusaha memberikan penawaran kaus partai lagi. "Pertemuan kedua kalau enggak salah di Tee Box, saya tanya-tanya, dia minta waktu. Dia tawarkan kaus lagi, dia bilang impor dari Cina," tuturnya.

Beberapa saksi sebelumnya mengatakan Andi adalah sahabat Setya. Andi bahkan sering terlihat berseliweran di gedung DPR. Andi juga disebut beberapa kali melakukan pertemuan informal dengan Setya untuk membahas e-KTP.

Setya menyangkal semua tudingan itu. Ia mengatakan tak pernah melihat Andi berseliweran di gedung DPR dan tak tahu-menahu kaitan Andi dengan proyek e-KTP. "Saya tidak tahu, Yang Mulia," ujarnya.

Setya juga membantah kesaksian mantan Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri, Diah Anggraini, yang menyebut pernah bertemu Setya dan Andi Narogong di Hotel Gran Melia. Pada pertemuan itu, Andi hendak meminta dukungan Setya agar proyek e-KTP disepakati DPR. Meski tak sampai lima menit, Diah berujar, Setya menyatakan dukungannya.

Namun lagi-lagi Setya membantahnya. Setya menegaskan bahwa pertemuannya dengan Andi hanya terjadi dua kali kala Andi menawarkan kaus partai. "Saya tidak kenal dekat," kata dia.

Sumber: Tempo

No comments

Powered by Blogger.