Djarot Kecewa Karangan Bunga Ahokers Dibakar Buruh di Balai Kota DKI Jakarta



Jabungonline.com - Djarot Saiful Hidayat mempertanyakan alasan di balik pembakaran karangan bunga di Balai Kota. Menurutnya, hal ini aneh karena bunga yang dibakar tersebut sama sekali tidak mengandung tulisan bernuansa negatif.

"Saya bertanya ini maksudnya apa? Salahnya bunga itu apa pada mereka? Apakah ucapan-ucapan itu menyakiti hati mereka? Apakah ucapan-ucapan atau tulisan-tulisan itu mengandung unsur-unsur ujaran kebencian, unsur-unsur SARA? Kan tidak ya," ujar Djarot di Jakarta Pusat, Selasa (2/5/2017).

Djarot menilai pembakaran bunga itu tindakan yang tidak baik. Dia mengaku prihatin karena momen apresiasi buruh tersebut justru menjadi peristiwa pembakaran karangan bunga yang dikirim oleh ribuan warga. Bahkan, karangan bunga tersebut masih bernilai apabila tidak dibakar.

"Saya terus terang saja prihatin dengan kondisi yang sebetulnya demo yang bisa berlangsung dengan damai dengan kondusif, yang bener-benar memperjuangkan hak-hak buruh, kemudian dinodai dengan hal-hal seperti itu tidak baik, inget nggak karangan bunga itu di samping diberikan dengan rasa cinta, itu juga ada nilainya ya," paparnya

Menurutnya, nilai jual karangan bunga tersebut apabila tidak dibakar dijabarkan Djarot, berkisar antara Rp 25 ribu hingga Rp 50 ribu. Bahkan karangan bunga yang masih bagus masih bisa laku dijual 100 ribu. "Bahkan yang bagus bisa sampai 100 ribu, masa nggak dihargai gitu kan ya," cetus Djarot.

Dia menambahkan agar warga tidak lagi mudah terprovokasi. Saat ini, warga diharapkan bisa saling menghargai dan justru meningkatkan kualitas dan produktivitas bekerja, bukan saling membenci.

"Inilah sebetulnya kita harus berintrospeksi diri. Dalam kondisi seperti ini harusnya kita lebih arif, lebih santun, lebih baik gitu ya, saling harga-menghargai, hormat-memghormati satu sama lain. Kita harus mawas diri jangan kemudian mengumpat, kemarahan, caci maki terus tindakan-tindakan yang menurut saya tidak produktif," jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, sejumlah karangan bunga Ahok-Djarot yang berjejer di Jl Medan Merdeka Selatan dibakar massa di tengah aksi buruh. Pihak buruh menyebut aksi ini bagian dari bersih-bersih.

No comments

Powered by Blogger.