Rp100 Juta untuk Penguatan BUMDes


ILUSTRAASI INTERNET.

Jabung Online – Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona menegaskan, bantuan stimulan Gerakan Desa Ikut Sejahtera (Gadis) senilai Rp100 juta untuk desa dititiktekankan untuk penguatan badan usaha milik desa (BUMDes) dan merupakan komponen pembiayaan dalam struktur anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDesa).

’’Setelah dana Gadis ditransfer ke rekening desa, diharapkan segera mentransfernya ke rekening BUMDesa untuk selanjutnya pengurus BUMDesa-lah yang akan mengelolanya sesuai jenis usaha yang diusulkan kepada tim koordinasi Gadis,” ungkap Dendi saat menyerahkan bantuan Gadis kepada 44 desa yang dipusatkan di aula pemkab setempat.

Dikatakan, dalam hal pengelolaan  BUMdesa, kepala desa selaku penanggungjawab wajib menandatangani pakta integritas demi implementasi program Gadis secara terukur terencana dan berkelanjutan. Dimana program bantuan keuangan GaDIS sebagai kebijakan unggulan Pesawaran untuk meningkatkan desa tangguh dan mandiri melalui penguatan BUMDesa, akan terus ditumbuhkembangkan.

“Tidak sembarang desa yang dapat menerima bantuan Gadis. Beragam kriteria harus dapat dipenuhi oleh Desa yang akan memperoleh GaDIS, seperti tertib administrasi desa, lunas PBB, siskamling,inovasi PKK, dan terutama adalah dokumen perencanaan usaha BUMdesa,” ucapnya. (ozi/c1/dna)

No comments

Komentar dari setiap Artikel adalah tanggung jawab pribadi masing-masing.
Berkomentarlah yang baik dan sopan.

Powered by Blogger.
close