RK Juga Mau Pindahkan Ibu Kota Jabar




Jabung Online  - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana memindahkan ibu kota Jabar dari Kota Bandung ke daerah lain. Langkah ini dinilai mengikuti jejak Presiden Jokowi yang memindahkan ibu kota negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur.

Rencana tersebut telah mendapat persetujuan dari DPRD Jabar untuk dilakukan kajian. Hal itu berdasarkan paripurna terakhir DPRD periode 2019-2024.

"Sudah ada persetujuan (DPRD) wacana (pemindahan) pusat pemerintahan untuk dikaji dulu di beberapa lokasi," kata Emil di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Kamis (29/8/2019).

Ia beralasan pemindahan ini tak berbeda dengan pemindahan ibu kota negara Jakarta ke Kaltim. Menurutnya Kota Bandung sudah tidak ideal lagi menjadi pusat pemerintahan Jabar.

"Pada dasarnya secara fisik Kota Bandung sama seperti Jakarta, sudah tidak cocok lagi melayani pusat pemerintahan. Contohnya kantor-kantor pemerintahan cekclok (terpisah) dan tidak produktif," ucapnya.

Pemindahan ibu kota akan dikaji dalam enam bulan ke depan. Ada beberapa aspek yang dipertimbangkan di antaranya risiko bencana, aksesibilitas, tingkat ekonomi, hingga ketersediaan air.

"Kajian dilaksanakan 6 bulan ke depan. Semua kemungkinan butuh kajian, minim risiko, aksesibilitas, tingkat ekonomi, ketersediaan air dan lainnya," ujar dia.

No comments

Komentar dari setiap Artikel adalah tanggung jawab pribadi masing-masing.
Berkomentarlah yang baik dan sopan.

Powered by Blogger.
close