Indonesia Dalam Cengkeraman Naga

"CENGKERAMAN NAGA"

Oleh Tara Palasara

Walau dengan argumentasi dan sudut pandang yang berbeda... saya pada ujung kesimpulan yg sama dengan Mas Leo Kusuma... bahwa sesungguhnya negeri ini semakin terkulai tak berdaya dalam belitan "Sang Naga".

Untuk membahas soal semakin kuatnya pengaruh dominasi RRC dalam perjalanan Bangsa Indonesia terkini, bisa sampai berlembar-lembar halaman. Namun bisa disederhanakan, bahwa semakin intensnya Pemerintah Jokowi merapat kepada Pemerintah China berikut lingkungan swasta-nya adalah hal yang patut untuk dicermati. [seringkali TERUS MUNCUL pembenaran bahwa, 'toh itu semua sudah dimulai sejak jaman Presiden Gusdur, Mega dan SBY]

Tanpa bermaksud untuk memancing perdebatan yang tidak perlu... saya sudah sering meng-updatestatus tentang seputar kiprah cukong aseng dalam blantika bisnis strategis di Indonesia.

Hal lain yang bisa dicermati adalah, KENAPA Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe batal mengikuti acara puncak peringatan 60 tahun agenda tersebut di Bandung?

[alasan formalitasnya adalah disebabkan saat ini di negaranya telah masuk masa sidang parlemen. Shinzo Abe harus mendapatkan izin dari parlemen, karena dirinya merangkap sebagai anggota parlemen Jepang].

Sementara sebagian pengamat menyatakan tentang ketidaknyamanan Jepang terhadap kedekatan RI-China dengan diberikannya privilege kepada Investor China berikut produk-produk industrinya.

No comments

Powered by Blogger.