Fahri Hamzah, Sang Putra Mandar

Hajrul Malik (penulis) dan Fahri Hamzah

*dari fb Hajrul Malik (30/4/2015)

Mantan Hakim Mahkamah Konstitusi dan juga Pakar Hukum Tata Negara Prof. Jimly Ashsiddiqie menyebut lelaki muda ini sebagai "One of the Rising Star" dalam kancah kepemimpinan nasional. Negara, Pasar, dan Rakyat dan Orkestra pemberantasan Korupsi di Indonesia adalah dua diantara karyanyayg telah mengabadi dalam Buku.

Dia adalah pencetus sekaligus Ketua Umum Pertama Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia (KAMMI) yang bersama organisasi Mahasiswa lain berhasil menumbangkan rezim Soeharto. pada saat Presiden Habibie kala itu mulai digoyang kekuasaannya, dia dan kelompoknya tampil sebagai pembela.

Gaya Bicaranya cerminan khas orang timur. Bersemangat dan meledak ledak. tak perlu lama menyimak Dia berbicara sampai saya sampai pada konklusi bahwa saudara yang satu ini memang lahir sebagai seorang Orator.

Belakangan, baru tahu saya jika dia ternyata keturunan mandar tepatnya Tinambung dari garis neneknya yang bernama Hj. Tampawan Hasan. publik barangkali banyak tahu tentang Riwayat ke-mandar-annya dari tweet panjang ia tentang keluarga Presiden PKS Anis Matta Setahun Silam.

Jangan Sebut Namanya jika perihal Kontroversial tak ia lakukan. begitu khalayak sering bilang. Hanya gara-gara disuruh menulis Pidato oleh Rokhimin Dahuri dan diberi upah 100 juta oleh sang menteri itu. ia diadili di Badan Kehormatan DPR dan dinyatakan terbukti bersalah. kasusnya itu sebelum ia jadi anggota DPR. Ia pun proses dan merasa dikriminalkan. Sang Lembaga Anti Rasuah Komisi Pemberantasan Korupsi akhirnya menjawab kasus itu. dia dinyatakan bersih dan tidak terbukti bersalah.

Ditengah arus deras dukungan terhadap KPK.hanya dia yang bersuara lantang mengkritik KPK yg dinilai lamban dan tebang pilih dan menganjurkan dimusnahkan saja. protes keras sampai hujatan tumpah ruah dialamatkan pada dirinya serta PKS. seingat saya dlm sebuah wawancara di TV ketika ditanya tentang kritik dan hujatan orang kepadanya terkait pembubaran KPK, dia berucap bahwa dirinya sedih karena mereka yang mengkritik tak satupun berargumentasi secara teori dan Ilmiah dan menghadapinya face to face. hanya kritik semu sampai tindakan mematikan karakter dan daya nalar yg datang padanya. Belakangan, perkataan lelaki kelahiran Lombok ini benar. KPK sekarang menghadapi turbulensi.

sebagai wakil ketua DPR dia akan melakukan perjalanan panjang ke Sulawesi hingga ke jazirah mandar Sulawesi Barat, rencananya ia akan menginap di Polewali Mandar di Campalagian beliau akan menerima pengukuhan secara Adat sebagai Orang Mandar. Sebagai Putera Balanipa saya sangat berharap Bung Fahri yg kapasitasnya sebagai Pimpinan DPR RI mampu menjadi ujung tombak untuk segera mewujudkan Balanipa sebagai Daerah Otomomi Baru setelah melalui proses panjang dalam perjuanganya.

Setelah itu, Fahri Hamzah akan berkunjung ke Mamuju untuk bertemu Gubernur Sulbar dan melakukan konsolidasi pilkada serentak. Dengan Bangga saya dan segenap Struktur dan kader PKS Sulbar mengucapkan "Selamat Datang Sang Putra Balanipa Mandar di tanah Sulawesi Barat".

No comments

Powered by Blogger.