Satu Provokator Kerusuhan Lampung Timur Diringkus Di Hutan

ilustrasi

LAMPUNG - Aparat Polda Lampung membekuk satu pelaku kerusuhan di Lampung Timur, yang menyebabkan seorang sekretaris desa (Sekdes) tewas. Pelaku ditangkap setelah bersembunyi di hutan wilayah Lampung Timur, Kamis (30/7/2015).

"Tadi pagi kami telah mengamankan satu orang yang diduga sebagai provokator aksi itu," kata Kasubdit III Jatanras Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Lampung AKBP Ruli Andi Yuniato saat dihubungi, Kamis (30/7/2015).

Menurut Ruli, dari tiga orang yang teridentifikasi, Polda Lampung berhasil menangkap satu pelaku dalam kerusuhan itu. Tersangka diduga merupakan pelaku utama yang menyebabkan Sekdes Malangsari, Adil Darmawan (40) tewas. Tersangka saat ini sedang menjalani pemeriksaan. 

"Kami terus kembangkan kasus ini untuk menangkap pelaku lainnya. Kalau identitas orang yang kami amankan belum bisa dipublikasikan, karena masih dalam pengembangan, nanti pelaku lainnya kabur," kata dia.

Ruli menjelaskan, situasi dan kondisi terkini dari Lampung Timur, khususnya sekitar lokasi kejadian perkara aman dan terkendali. 

"Namun meskipun sudah aman, saat ini kami tidak mengurangi personel, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan," terang Ruli, seperti dilansir Lampost.

Penganiayaan hingga menyebabkan kematian Sekdes Malangsari bermula saat korban dan beberapa anggota kepolisian, termasuk Kapolsek Tanjung Bintang, bermaksud silaturahmi dan menyampaikan belasungkawa atas kematian warga Lamtim yang dihakimi massa di Lampung Selatan. 

Sekdes Malangsari di Lampung Selatan diamuk massa di Desa Batu Badak, Kecamatan Marga Sekampung, Lampung Timur.

"Saat rombongan keluar dari rumah di Lampung Timur, ternyata diluar sudah bersiap massa untuk mengeroyok rombongan itu. Kemudian rombongan itu menyelamatkan diri menggunakan sepeda motor. Sekdes sudah sempat naik motor, karena panik dia loncat dari motor dan dihakimi massa," terang Ruli. (*)

No comments

Powered by Blogger.