Ngobrol Bareng Elsa Grigaut, Gadis Mualaf Perancis yang Jatuh Cinta dengan Palestina

Elsa Grigaut

by @hasmi_bakhtiar
(Mahasiswa S2 Lille Perancis)

Selasa, 4 Agustus 2015, di kost-an kedatangan gadis Perancis Di tengah hujan kota Lille, saya dengerin cerita perjuangannya yang tertarik dengan Islam, ditengah penolakan dari keluarga dan sahabat.

1. Namanya Elsa Grigaut, gadis 26 tahun yang sudah tertarik Islam sejak umur 10 tahun, walopun lahir dan tumbuh di tengah keluarga Atheis.

2. Ceritanya, dia sangat kagum melihat perlakuan orangtua temannya ketika sekolah dasar, dia merasa ada kenyamanan di keluarga temannya tsb.

3. Elsa kecil memiliki keluarga yang sangat peduli, dan tergolong dari keluarga mapan, namun Elsa 'iri' melihat keluarga temannya....

4. ....yang terlihat memiliki sisi kehidupan yang dia gak temuin dikeluarganya.. dan kebetulan temannya itu muslim.

5. Beranjak sedikit dewasa Elsa mulai membeli beberapa buku sederhana ttg Islam, dia makin tertarik setelah ketemu teman-teman muslimah lainnya.

6. Yang dulu dia tertarik dg islam karena 'iri' melihat keluarga temannya, skrg dia tertarik Islam karena sadar akan nilai-nilai di dalamnya.

7. Ketika umur 14 tahun Elsa menyampaikan niatnya untuk masuk Islam, tentu keluarganya marah besar.. dan mengancam akan mengusirnya dari rumah.

8. Gw rasa wajar, namanya orangtua pasti takut berpisah dg anaknya, dan perbedaan keyakinan tsb dinilai akan memisahkan mereka.

9. Namun Elsa gak menyerah begitu saja, dia terus berusaha nyari info ttg Islam, mulai dari internet sampai diskusi dg teman-temannya.

10. Dari info yang didapatnya justru menguatkan keyakinannya, dan umur 23 tahun dia bersyahadat, walopun dg risiko 'kehilangan' keluarga.

11. Harus ninggalin rumah, nyari biaya hidup sendiri akhirnya Elsa bergabung dg relawan untuk Palestina, dan ketika itu Elsa belum bisa shalat.

12. Elsa ditugasin untuk ngasih bimbingan anak-anak pengungsi Palestina, pertama dia ditugasin di kota Nablus, Tepi Barat, Palestina.. dia berjihad sambil belajar.

13. Iya dia berangkat berjihad ke Palestina sambil belajar islam. Dia belum bisa shalat apalagi baca Quran, cuma modal berani, katanya. 


Elsa Grigaut (kiri) saat mau demo Plaestine di kota Lille
14. Setiba di Nablus dia sekamar dg relawan lain, namanya Alexandra yang kebetulan juga muslimah, Alexandra mengajarinya shalat, ahamdulillah...

15. Satu kesempatan Elsa berkunjung ke Masjid Al Aqsha, dia disuruh masuk tapi dia ga berani, kata dia: "Saya hanya bisa nangis di depan masjid".

16. Elsa merasa sangat 'kotor' untuk sekedar menginjakan kaki di Al Aqsha, makin temannya maksa masuk tangisnya makin deres.

17. Kata dia, gatau perasaan saya waktu itu gimana, haru juga bahagia akhirnya mendapat hidayah Islam, namun sangat sedih ingat ortu masih kafir.

18. Akhirnya Elsa gajadi masuk Al Aqsha dan mutusin kembali ke Perancis, dengan tekad mengajak keluarganya masuk Islam.

19. Kata doi: pokoknya saya bakal pake semua cara untuk ngerayu ortu biar mau masuk Islam, saya bakal nangis atau lakuin apa aja sampe mereka mau.

20. Namun emang hidayah milik Allah, sampe rumah belum sempat ngomong apa-apa ortunya udah ngusir duluan...

21. Elsa diancam ga diakuin lagi bagian dari keluarga, dan tentu hak-hak dia sebagai anak lainnya ikut diputus...

22. Elsa kembali ke Palestina, setelah gagal ngeyakinin ortunya untuk masuk Islam, dan terus belajar banyak tentang Islam disana.

23. Kali ini tugasnya ngasih bimbingan terhadap para mantan tahanan yang ditahan tentara Israel, yang bekas disiksa juga pastinya...

24. Kata doi: ngedenger cerita dan ngeliat korban tentara Israel saya ga selera makan seminggu, tiap makan selalu muntah... luar dalam sakit.

25. Kenyataan yang diliatnya langsung di Palestina yang bikin dia sangat peduli terhadap issue bangsa tersebut, sampe saat ini!

26. Tahun 2011, Ramadhan pertama untuk Elsa, kata dia: saya kaya masuk dalam satu dunia baru, serba nyaman, yang selama ini saya cari.

27. Selama ini saya hanya belajar islam dan banyaknya teori, tapi pas Ramadhan semua teori itu minta diaplikasiin, dan saya sangat bahagia.

28. Setelah Ramadhan nyoba lagi balik kerumah untuk ngajak ortunya masuk Islam, dan hamdulilah.....

29. Katanya: mungkin berkat doa saya selama ini sambil nangis minta ke Allah, sambutan ortunya sedikit melunak.

30. Ortunya ga masalahin lagi dia muslimah, asal dirumah gapake kudung... walopun ortunya tetep bilang 'Tidak' untuk Islam. Tapi lumayanlah :D

31. Dan tetep sampe sekarang Elsa gabisa tinggal dirumahnya spt dulu, dia hidup sendiri ngekost dan kerja untuk biayai hidupnya...

32. Kata dia: "Saya yakin susah saya saat ini ga sebanding dg hidayah Islam yg saya terima, jadi ga ada alasan untuk saya ninggalin Islam....

33. Walopun sekarang masih belum jadi akhwat seutuhnya, masih ga kudungan, tapi saya berharap punya satu kehidupan lebih baik kedepan... 

34. Punya keluarga islami, anak-anak yang paham islam dan tentu yang punya kontribusi terhadap umat islam lainnya... 

35. Dan saya sangat berterimakasih ke semua orang yang udah ngasih hak saya, hak saya untuk bisa mengenal islam lebih jauh...."

36. Itu tadi curcol bule muslimah di taman belakang kost an. Bonne nuit à tous.. 

37. Sekali dua hari doi dateng kemari nanya-nanya tentang islam, kebetulan disini banyak yg muslim..

38. Perjuangannya mendapat hidayah telah berhasil, semoga mempertahankannya juga berhasil...ya Rabb...

*NB: Saat ini Elsa berharap mendapat pendamping hidup yang se-aqidah.

No comments

Powered by Blogger.