Kepanduan PKS Bantu Jokowi Turut Padamkan Kebakaran Lahan


Sejumlah regu kepanduan PKS saat berupaya memadamkan kebakaran lahan di lingkar luar Palangkaraya, Selasa (29/9) malam.

Bencana asap dan kebakaran lahan menjadi keprihatinan kita semua. Tak hanya berdoa, kader-kader PKS yang tergabung dalam Tim Kepanduan PKS turut membantu padamkan kebakaran lahan. Ini sebagai wujud PKS Berkhidmat membantu pemerintahan Presiden Joko Widodo dalam mengatasi masalah yang ada.

Seperti dilansir Tribunnews, kebakaran lahan dan hutan di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, yang kian parah, mendapat perhatian regu kepanduan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Palangkaraya .

Regu ini, melakukan aksi pemadaman di beberapa titik api kebakaran yang menjadi penyebab kabut asap tebal dan mengganggu masyarakat, hingga malam hari.

Puluhan anggota dari regu kepanduan menyasar setiap kepulan titik api kebakaran yang berada di lingkar luar kota Palangkaraya, karena di lokasi ini, banyak terdapat titik api di lahan gambut.

"Titik sebaran api terus merambat diantara dalamnya tanah gambut sehingga menjadi bara sekam yang sewaktu-waktu bisa menyala ke permukaan," Kata Joko Mulyono, Ketua Regu Kepanduan‎, Rabu (30/9/2015).

Dia mengatakan, pihaknya, berupaya memadamkan api yang berada di kedalaman tanah gambut antara 0,5 meter sampai dengan 1,5 meter, sehingga memerlukan sumber air yang sangat banyak.

"Kendala di lapangan adalah suplai air jika sudah masuk pada area lahan atau hutan yang berada di pedalaman untuk mendapatkan sumber air. Salah satu cara adalah membawa air atau membuat sumur air di lokasi terdekat untuk memudahkan pemadaman." ujar Joko.

Sementara itu, Asnawi, SP selaku ketua umum DPW PKS Kalteng menginstruksikan kepada seluruh kader PKS di Kalimantan Tengah, agar membantu semampu mungkin untuk memadamkan dan mencegah terjadinya kebakaran di kawasan lingkungan dan membantu pembagian masker untuk meminimalisir dampak kebakaran di masyarakat.

"Jangan lupa, selain berusaha, Saya mengingatkan para kader agar terus berdoa dan melaksanakan sholat istisqo agar turun hujan sehingga bisa memadamkan kobaran api di beberapa titik yang tidak bisa terjangkau oleh para pemadam,‎" kata Asnawi.

Semoga bencana asap dan kebakarn segera teratasi.


No comments

Powered by Blogger.