AS Menarik Kapal Perangnya dari Teluk Persia


MILITER AS dikabarkan telah menarik kapal USS Theodore Roosevelt yang merupakan sebuah kapal induk bertenaga nuklir besar dari Teluk Persia. Penarikan ini dilakukan pasca masuknya kapal perang Rusia ke wilayah tersebut.

Untuk pertama kalinya sejak 2007, Angkatan Laut AS tak memiliki kapal induk yang tinggal di Teluk Persia, NBC News melaporkan pada Senin (12/10/2015).

Kapal perang tersebut ditarik dari Teluk Persia pada Kamis (9/10/2015), sehari setelah Rusia meluncurkan 26 rudal jarak jauh dari Kapal Kaspia Flotilla ke Suriah, kata para pejabat Pentagon.

Pejabat militer AS mengklaim kapal induk, yang dapat menampung sekitar 5 ribu pelaut dan 65 jet tempur, ditarik karena harus menjalani perawatan.

Ketegangan antara AS dan Rusia meningkat setelah Moskow memulai kampanye militernya pada 30 September ke Suriah, dengan dalih melawan ISIS. [sm/islampos]

No comments

Jabungonline.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Powered by Blogger.