Kolega Bisnis Surya Paloh, Sam Pa ditangkap di Beijing karena KORUPSI


Pemilik Sociedade Nacional de Combustiveis de Angola EP (Sonangol EP) Sam Pa ditangkap kepolisian Beijing pekan lalu. Sam Pa merupakan kolega bisnis Ketua Umum Partai Nasional Demokrat Surya Paloh untuk membangun gedung tertinggi di Asia Tenggara yang dinamakan Gedung Indonesia 1.

Seperti dilansir financial times, Kamis (15/10). Sam diduga melakukan pelanggaran disiplin serius yang berhubungan dengan Gubernur Fujian Su Shulin. Sam Pa ditahan sehari setelah pemerintah Tiongkok mengumumkan telah melakukan penyelidikan terhadap Gubernur Provinsi Fujian, Su Shulin dan mantan ketua Sinopec dengan dugaan pelanggaran disiplin atau dugaan korupsi.

Penyelidikan Sam Pa dan Su Shulin digambarkan pada pertemuan tingkat tinggi di Beijing tahun 2008 bersama seorang pejabat minyak ternama dari Angola.

Petinggi Queensway Group ini diketahui tengah melakukan perjalanan dengan seorang diktator dari Harare ke Pyongyang, Korea utara. Kepergiannya untuk urusan perjanjian kerjasama mengenai sumber daya dan infrastruktur senilai miliaran dolar AS.

Mr Su dan Sam Pa menjadi korban terbaru dalam kampanye anti korupsi Presiden Xi Jinping.

Pada 23 Mei 2015, Media Group milik Surya Paloh bekerja sama dengan China Sonangol Land milik Sam Pa untuk membangun gedung setinggi 303 meter yang merupakan tertinggi di Asia Tenggara. Total proyek tersebut senilai Rp 8 Triliun.

No comments

Powered by Blogger.