Netizen Nilai #JokowiJKSetahunGagal


Besok, Selasa 20 Oktober 2015 tepat satu tahun masa pemerintahan Jokowi-JK.

Bagaimana setahun masa pemerintahan Jokowi-JK? Menurut beberapa survei mayoritas rakyat Indonesia menilai Jokowi-JK telah gagal.

"Presiden Jokowi dianggap gagal mensejahterakan rakyat," ujar Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari saat memaparkan hasil surveinya di bilangan Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (8/10/2015) pekan lalu.

Bagaimana menurut netizen di sosial media? Sepertinya sama dengan hasil survei Indo Barometer.

Di jejaring media sosial Twitter, hari ini (19/10) netizen beramai-ramai menyambut setahun pemerintahan Jokowi-JK dengan memakai tanda pagar (hestek)#JokowiJKSetahunGagal dan jadi Trending Topik paling atas.

Melihat fenomena ketidakpuasan publik ini, menurut Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari, Jokowi harus melakukan perubahan radikal.

Jokowi, kata dia, selalu bersikap tanggung. Tidak pernah mengambil kebijakan yang dramatis. Bisa jadi karena kultur Jawa dan minimnya dukungan politik yang diperolehnya.

''Menurut saya portofolio yang harus diperhatikan adalah menteri-menteri ekonomi. Rakyat lebih menginginkan perbaikan ekonomi,'' ungkap Qodari.

Hanya saja, lanjut Qodari, kesabaran masyarakat memang menurun dari tingkat kepuasan dibandingkan dengan enam bulan yang lalu. Bahkan sudah lebih dari 50 persen, yang merupakan lampu merah bagi presiden.

''Tantangannya mengenai Nawacita, bagaimana mengubah Nawa cita menjadi sukacita, bukan dukacita,'' ujarnya.

No comments

Powered by Blogger.